Suara Merdeka Gandeng Unika Kembangkan Suaramerdeka.com
Jumat, 8 September 2017 | 17:13 WIB

Video: SuaraMerdekaTV

Untuk mendukung pengembangan Surat Kabar Suara Merdeka, khususnya Suaramerdeka.com, pihak Suara Merdeka Network menjalin kerja sama dengan kampus Unika Soegijapranata. Kerja sama tersebut diantaranya di bidang Informasi Teknologi (IT).

Hadir dalam kunjungan kerja sama tersebut ke kantor Suara Merdeka Jalan Kaligawe, Kamis (7/9) Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya, dan tim IT Unika, di antaranya Erdhi Widiarto Dekan Fakultas Ilmu Komputer Unika, Dadut Setiadi Sekretariat Rektorat, Suyanto Dosen Teknik Informatika, Hendra Prasetya Dosen Sistem Informasi. Kemudian, Dwi Setianto Dosen Teknik Informatika, Shinta Estri Sekretaris Prodi Teknik Informatika, Annisa Dosen Teknik Informatika, Bernardius Harnadi Dosen Sistem Informasi, dan Dwi Yoga Dosen Sistem Informasi.

Dalam kunjungannya Prof Ridwan Sanjaya langsung ditemui Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi, Pemimpin Redaksi Suaramerdeka.com Setiawan Hendra Kelana dan Senior Manager Business Development Suara Merdeka Adi Susanto.

Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi mengatakan, koran cetak Suara Merdeka nantinya akan diintegrasikan dengan Suaramerdeka.com. Karena di era media yang serba digital ini, media online Suara Merdeka menjadi tulang punggungnya, dan koran cetak harus bisa bersinergi dengan online agar tetap bisa eksis.

"Dimana media cetak Suara Merdeka melalui digital maupun e-paper bisa lebih tersebar ke masyarakat. Karena saat ini masyarakat tidak lepas dari gadget mereka," terangnya.

Selain itu, ditambahkan Gunawan Permadi pihaknya sedang membuat dokumentasi koran Suara Merdeka dari tahun 1950 untuk didigitalkan. Namun, untuk merepro koran yang lama secara manual tersebut tidak mudah, karena butuh teknologi dan SDM.

Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya mengatakan, untuk mendukung dan pengembangan media koran dan online Suara Merdeka selain konten atau isi berita,  juga perlu mengikuti perkembangan teknologi di era sekarang ini.

"Memang, bila media onlinenya kita kembangkan, maka ada sedikit penurunan pada koran cetaknya, karena orang lebih memilih membaca dari gadget. Tapi ada yang memang generasi X itu tetap membaca koran, berbeda dengan generasi Y yang tidak ada membaca koran," imbuhnya.

Tak hanya itu, media online juga bisa menambahkan kanal yang bisa menambah jumlah pengunjung, seperti iklan kecik, teka teki silang, video streaming dan tajuk berita seperti yang ada di salah satu media nasional. Lalu, membuat link berita, yang bisa dikaitkan satu sama lainnya dengan tema yang sama, sehingga membuat pembaca tertarik untuk membaca kelanjutan dari berita sebelumnya.

"Makin gencarnya media online membuat Unika menggarap website sendiri, sehingga banyak yang mengetahui tentang unika itu dari media online," katanya.

SM 7_9_2017 Suara Merdeka Gandeng Unika Kembangkan Suaramerdeka

Keterangan Gambar: Pemimpin Redaksi Suara Merdeka Gunawan Permadi menerima kunjungan Rektor Unika Soegijapranata Prof Ridwan Sanjaya dan tim IT Unika di kantor Suara Merdeka di Jalan Kaligawe, Semarang

Sumber: SuaraMerdeka.com

Kategori: