Rikarda Ratih – Pustakawan Unika Juara Nasional
Jumat, 29 September 2017 | 16:12 WIB

JTP 28_9_2017 Rikarda Ratih – Pustakawan Unika Juara NasionalPRESTASI kembali diraih Unika dalam kancah pendidikan tinggi tingkat nasional, melalui ajang pemilihan "Indonesian Academic Librarian Award 2017" nasional yang diselenggarakan oleh FPPTI Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPT) Kemristekdikti, kemarin.

Melalui Pustakawan Unika Soegijapranata, Rikarda Ratih Saptaastuti SSos kemarin berhasil meraih juara pertama pada ajang yang bertepatan dengan kegiatan Semiloka FPPTI di Indonesia Port Corporation, Ciawi, Bogor.

Sebelumnya, Rikarda Ratih berhasil melaju ke tingkat berikutnya Nasional mewakili Provinsi Jateng berkat prestasinya sebagai juara pertama Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi dalam rangka Indonesian Academic Library Awards 2017 yang diadakan oleh FPPTI Jawa Tengah bertempat di IAIN (Institut Agama lslam Negeri) Salatiga.

Bersyukur, dalam ajang kompetisi yang mengikuti lima finalis yaitu pustakawan dari Universitas Pelita Harapan, Universitas Telkom, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Jember dan Unika Soegijapranata. saya berhasil mempresentasikan karya unggulan, jelas Ratih di Kampus Unika Soegijapranata usai dari Bogor kemarin.

Menurutnya, Unika Soegijapranata yang diwakili dirinya mempresentasikan karya unggulan dengan tema “Peran Pustakawan sebagai Mitra Belajar bagi Civitas Akademika di Era Digital”.

“Konsep saya ini soal mitra belajar berbicara mengenai peran pustakawan yang bertugas sebagai perantara, pemandu pembimbing dalam penelusuran informasi tercetak maupun elektronik untuk rujukan informasi ilmiah yang dibutuhkan oleh civitas akademika”, imbuhnya.

(►Jateng Pos 28 September 2017, http://radarpekalongan.com)

Kategori: ,