Ridwan Ingin Ada Penanaman Wirausaha Sejak Dini
Rabu, 13 September 2017 | 17:25 WIB

TRB 13_9_2017 Ridwan Ingin Ada penanaman Wirausaha Sejak Dini

REKTOR Unika Soegijapranata, Prof Dr Ridwan Sanjaya meminta agar pendidikan mulai menanamkan pendidikan wirausaha sejak dini.

"Banyaknya angka pengangguran di Jawa Tengah karena lulusan dari sekolah menengah kejuruan maupun perguruan tinggi hanya banyak berkeinginan menjadi pekerja. Sekolah maupun perguruan tinggi harus mulai menanamkan pendidikan berwirausaha sejak awal siswa bersekolah supaya dapat membuka usaha sendiri," ujar Ridwan, dalam Forum Jateng yang digelar Kompas Gramedia di Hotel Grasia, Selasa (12/9).

Ridwan yang juga merupakan guru besar di bidang Sistem Informasi, menambahkan, pencari kerja harus memiliki rekam jejak mengenai kegiatan selama menempuh pendidikan yang dibuat oleh sekolah maupun perguruan tinggi .

"Saya berpendapat jika rekam jejak dari lulusan pendidikan membantu perusahaan untuk melihat kemampuan pencari kerja secara detail dan valid. Rekam Jejak tersebut di luar dari kemampuan akademik. Unika telah menerapkan hal tersebut untuk para lulusan universitas kami," tambahnya.

Dua diantara peserta yang hadir dalam forum, Bin Subiyanto M mengatakan, konsep pendidikan yang dipaparkan oleh Ridwan Sanjaya merupakan konsep yang mencerahkan untuk dunia pendidikan.

"Sekian lama saya mengikuti beberapa perguruan tinggi, baru kali ini saya menemukan konsep yang sangat bagus. Rektor Unika dapat merinci sekian persen kegagalan di dunia pendidikan vokasi, termasuk sekolah menengah kejuruan. Saya sangat respect perguruan tinggi harus seperti itu memberikan pencerahan kepada masyarakat," ungkap Subiyanto.

Perwakilan dari mahasiswa yang hadir dalam Diskusi Jateng tersebut, Adji mengapresiasi konsep yang dipaparkan oleh Ridwan Sanjaya sebagai narasumber. Menurutnya konsep tersebut harus dijalankan sebaik mungkin.

"Gagasan-gagasan mengenai disruptive innovation mengenai perlunya inovasi baru dengan memanfaatkan teknologi yang dipaparkan Ridwan Sanjaya sangat bagus untuk kemajuan Jawa Tengah lima tahun ke depan. Pasti saya dukung demi kemajuan Jawa Tengah," pungkas Adji.

(â–ºTribun Jateng 13 September 2017)

Kategori: