Penggunaan Teknologi Dalam Fotografi
Selasa, 26 September 2017 | 11:08 WIB

Kegiatan Kuliah Umum “New Era Of Photography” diadakan pada Senin (25/9) di ruang Theater Thomas Aquinas Lantai 3 Unika Soegijapranata. Kegiatan ini menjadi sarana untuk mengenal perkembangan era baru dalam Fotografi, yang disampaikan oleh seorang narasumber dari fotografer senior harian Kompas, Arbain Rambey.

“Jaman sekarang untuk mengambil foto sangatlah mudah. Tidak seperti jaman dulu dengan device yang susah. Sekarang dengan smartphone saja kita bisa mendapat hasil gambar yang lebih bagus dari kamera DSLR,” tutur Arbain Rambey.

Dalam kuliah umum ini Rambey menjelaskan bahwa perkembangan era fotografi sangatlah cepat dari masa ke masa. Salah satu contoh adalah perkembangan foto dari angle Udara dengan menggunakan Drone. Mengambil koran Kompas sebagai contoh, Rambey menunjukkan beberapa foto yang diambil dari helikopter dan juga foto yang di ambil dari pesawat tanpa awak atau Drone. “Jika dilihat foto ini jelas berbeda. Ini adalah salah satu foto dari berita lama Kompas yang kita ambil dari helikopter. Sedangkan saat ini kita sudah mengambil gambar menggunakan Drone, sehingga tidak repot, cukup memainkan remote control Drone saja,” jelas Rambey.

Perkembangan era fotografi tidak hanya berkembang pada foto udara. Untuk era saat ini banyak fotografer luar yang sudah mengandalkan kemampuan mesin. Bahkan beberapa foto terlihat di ambil dari robot yang ada kamera. Hal ini di lakukan agar menghemat tempat dan juga memperkecil adanya gangguan. Penggunaan robot ini juga tidak sembarangan. Salah satu contoh pengaplikasian robot kamera ini adalah pada olimpiade  cabang olah raga renang. Dimana robot kamera diletakkan di dasar kolam untuk mengambil gambar atlet yang sedang berlomba. “Ini adalah salah satu contoh pengaplikasian robot foto. Jadi robot diletakkan di dasar air. Hal ini agar si perenang  tidak merasa terganggu atau kurang nyaman saat diambil gambarnya tatkala lomba sedang berlangsung,” tuturnya.

Dampak lain dari perkembangan era fotografi ini sangat membantu dalam melakukan fotografi jurnalistik. Rambey menunjukkan sebuah bukti Era Fotografi ini sangatlah mempermudah wartawan dengan menunjukkan cover majalah National Geographic yang keseluruhan gambar di ambil menggunakan Smart Phone.

Rambey menjelaskan bahwa dalam era fotografi saat ini semua perangkat bisa dipakai untuk mengambil hasil objek yang baik. Hanya memang harus mengenal kondisi sekitar agar gambar yang di ambil pas dengan apa yang kita mau.

Sense Of Photography di bagi menjadi dua. Ada fotografi seni dimana kita hanya memfoto bebas sesuai dengan sudut pandang terbaik kita. Ada juga Forografi yang merupakan foto jurnalistik.

Foto jurnalistik ini apabila sebuah foto di publikasikan pada suatu media. Namun sebaliknya jika foto hanya di simpan, maka hanya akan menjadi sebuah foto dokumentasi.

“Sebenarnya kalau mau foto itu gampang. Jika kita foto seni, tinggal kita foto aja sesuai dengan selera kita. Jika ingin foto jurnalistik tinggal di post di media, jika tidak, maka jadilah foto dokumentasi. Kita ambil yang simplenya saja,” ucap Rambey.

Dalam kuliah umum ini, Rambey juga menjelaskan 4 elemen yang harus diperhatikan dalam pengambilan foto, meliputi : teknik, angle pengambilan gambar, komposisi dan momen.(R.Jeff)

Kategori: ,