Menjadi Dosen itu Menyenangkan
Selasa, 19 September 2017 | 8:22 WIB

Memasuki tahun ajaran baru 2017/2018, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika mendapatkan dosen baru. Dosen baru tersebut bernama Lengkap Stefani Amanda Harmani. Wanita yang akrab disapa Amanda ini mengungkapkan alasan dirinya menjadi dosen Unika setelah lulus pendidikan S2 di Wageningen University (2014-2017) di Belanda. Setidaknya ada dua faktor yang membuat Amanda mau mengabdikan diri menjadi dosen FTP Unika, 2 faktor tersebut yaitu Unika yang berada dalam jajaran 10 besar universitas swasta yang terbaik di Indonesia dan karena Amanda ingin bekerja di lingkungan iman kristiani karena selama ini ia menempuh pendidikan di Universitas Negeri.

“Waktu saya kuliah S1 Teknologi Pertanian di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (Tahun 2010-2014) ada kompetisi pangan dan salah satu kompetitornya adalah dari Fakultas Teknologi Pertanian Unika. Nah dari situ saya dapat informasi kalau Teknologi Pertanian Unika bagus dan unggul. Terus setelah saya dapat info itu, saya mencoba searching-searching di internet. Ternyata untuk universitas swasta di Indonesia itu Unika Soegijapranata termasuk Top Ten (golongan 10 besar terbaik-red) dan Fakultas Teknologi Pertaniannya juga terkenal bagus banget. Dan saya mengajar di Unika juga karena ingin kembali ke lingkungan iman kristiani  karena selama ini saya kuliah di universitas negeri. Itulah alasan saya memilih Unika untuk mengabdikan diri dan berkarya” ujar wanita kelahiran Solo 20 Juli 1992.

Amanda menambahkan bahwa menjadi dosen sebenarnya bukanlah cita citanya sejak kecil. Sejak kecil ia memiliki cita cita menjadi pramugari namun seiring berjalannya waktu ia mendapatkan ilham/ pencerahan untuk menjadi dosen.

“Cita-citaku sejak duduk di bangku SD itu sebenernya mau jadi pramugari, tetapi melenceng karena saya lihat di pemberitaan kok banyak kecelakaan pesawat nah itu membuat saya takut. Terus sempet juga pengen jadi dokter gigi karena penghasilan dokter gigi lumayan. Tetapi begitu memasuki tahun tahun akhir perkuliahan S1, saya dapat ilham atau pencerahan untuk jadi dosen, jadi bisa dikatakan saya bercita cita jadi dosen itu baru sekitar 4 tahun lalu. Ilham atau pencerahan itu saya dapatkan karena dulu waktu kuliah S1 saya sering diminta oleh teman temanku untuk jadi tutor atau semacam asisten dosen gitu untuk membantu ngajari satu mata kuliah tertentu, terus setelah sering ngajar kok saya merasa seperti ada rasa rasa jadi dosen. Sejak saat itu saya pengen jadi dosen karena menurutku jadi dosen itu menyenangkan, kita bisa berbagi dan menambah ilmu, bisa sharing-sharing dengan banyak orang” tambah Amanda yang juga merupakan mantan guru les maata pelajaran biologi.

Arah Kerja Kedepan.

Amanda yang baru saja diterima menjadi Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika per Agustus lalu berharap kehadiran dan pengabdiannya di Unika bisa membawa manfaat yang baik bagi mahasiswa, untuk Universitas dan untuk Indonesia. Harapan tersebut yaitu bisa menciptakan hubungan mahasiswa dengan dosen yang akrab dan berharap bisa mengarahkan mahasiswanya menjadi enterpreneur yang berguna untuk Negara Indonesia.

“Kedepan aku pengen jadi dosen yang bisa terlibat dengan mahasiswa membentuk hubungan akrab atau hubungan yang tidak ada batas antara mahasiswa dengan dosen dan kedua pengen mengarahkan para mahasiswa untuk lebih kreatif agar setelah lulus bisa menjadi enterpreneur karena para entepreneur saat ini sangat dibutuhkan oleh Negara Indonesia untuk mengurangi angka pengangguran” terang Amanda yang merupakan dosen mata kuliah Analisa Pangan. (Holy)

Kategori: ,