Mendorong Perkembangan Start-up
Jumat, 8 September 2017 | 8:56 WIB

Kesenangan dalam mendesain menjadi faktor utama dalam menentukan pilihan Fakultas Arsitektur dan Desain, dan bercita-cita untuk menciptakan suatu produk arsitektur yang berwawasan lingkungan (sustainable building), agar kedepan dapat ikut serta dalam pembangunan bangsa yang berwawasan lingkungan. Hal itu lah yang diungkapkan oleh Mayorsi Wahyu Aji (Rosi) yang merupakan lulusan wisudawan terbaik 2017 pada Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata. Alumni SMKN 4 Semarang ini mengaku memilih kuliah di Unika karena akreditasi Fakultas Arsitektur menjanjikan, dan selama kuliah Rosi kerap mendapatkan beasiswa Yayasan Sandjojo, sehingga ia lulus dengan IP 3,66.

Pria yang mempunyai hobi traveling ini menuliskan skripsi dengan judul “Creative Co-working Space di Bandung” yang berisi tentang  konsep rental office model baru yang dikemas secara kreatif dan inovatif. Sehingga mempunyai tujuan memfasilitasi individu, freelancer, maupun komunitas industri kreatif, untuk mendorong perkembangan start-up di Indonesia, khususnya Kota Bandung. Di dalam Creative Co-working Space tidak hanya sebagai tempat bekerja, lebih dari itu pengguna bisa berinteraksi antar coworker dengan latar belakang pekerjaan yang berbeda. Disana mereka dapat belajar bersama, sharing, workshare, bahkan berkolaborasi, serta menyediakan berbagai alternatif ruang kerja seperti workspace, event space, meeting room, idea room,classroom, auditorium, studio, virtual office, privat office, design store, guest house, dan playground yang  dilengkapi dengan fasilitas jaringan internet, fax, alamat kantor pribadi, dll.

“Duka dalam pengerjaan skripsi memang ada ketika studio mati listrik padahal file skripsi belum di save, atau pada saat mengerjakan design grafis tiba-tiba komputer not responding dan lagi-lagi tidak ter recovery, alhasil file tak tersimpan” tandas Rosi sambil tertawa.

Selama kuliah Rosi menganggap pergaulan dengan teman dan dosen cukup baik, terutama pada saat deadline seringkali  sesama mahasiswa saling membantu bagi teman yang belum selesai dalam mengerjakan tugas, dan saling sharing antar pengetahuan yang kami miliki, karena motto FAD adalah KOMPAK, hal ini lah yang membuatnya betah dalam menjalankan studinya.  Mempunyai motto  Menganggap setiap tugas adalah Projek yang akan direalisasikan secara nyata  “yang diartikan kita di tuntut akan bersungguh sungguh dalam mengerjakannya tugas tersebut agar dapat dinikmati khalayak umum dengan baik,  dari visual maupun parsial” tandas Rosi.

Ia berharap Unika dapat mempertahankan dan meningkatkan akreditasi yang telah baik saat ini, dan diharapkan para mahasiswa unika dapat meningkatkan kompetensinya, karena seseorang dapat dikatakan berkompeten apabila dia memiliki knowledge, skill, dan attitude yang baik. (Adr)

Kategori: ,