Memilah Hak Pasien Dan Dokter
Jumat, 8 September 2017 | 8:45 WIB

Muhamad Siladani Fatuhu, mahasiswa pascasarjana yang berasal dari Pulau Lombok ini menjadi wisudawan terbaik Program Magister Hukum Kesehatan di tahun ini. Dengan judul thesis “Perlindungan Hak Pasien Dalam Mendapatkan Standar Fasilitas Pelayanan Kesehatan Pada Kelas Riwat Inap di RSUD Kabupaten Lombok Tengah dan RSUD Kabupaten Lombok Timur, ia lulus dengan IPK 3,73 pada 29 Juli 2017 lalu. Menyelesaikan gelar S1-nya di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Ngudi Waluyo Ungaran sebagai perawat, Dani melanjutkan profesi selama 1 tahun 8 bulan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengambil gelar S2-nya di Unika Soegijapranata.

Alasan Dani untuk melanjutkan S2-nya di bidang hukum kesehatan karena ia banyak melihat bahwa masyarakat dan petugas kesehatan sendiri banyak yang masih belum mengerti dan belum bisa membedakan tentang bagian-bagian dan hak yang di dapat oleh pelayan kesehatan maupun pasien. Selain itu, motivasi lain yang membuatnya bertekad untuk melanjutkan studi adalah melihat dari pengalaman kerja yang ia dapat. Dani yakin, dengan belajar mengenai hukum kesehatan ini, ia dapat lebih memahami mana yang tergolong etika keperawatan, mana yang disebut hak pasien, dan hak medis oleh dokter. Sehingga bila suatu saat di lingkungan kemasyarakatan ada yang mengeluh dan tak mengerti, ia dapat mengarahkan dan menjelaskan-nya.

Dani memilih Unika Soegijapranata selain karena akreditasi yang sudah bagus, Unika Soegijapranata adalah satu-satunya universitas yang menyediakan program pascasarjana hukum kesehatan. Untuk menjadi wisudawan yang terbaik, Dani sangat tidak menyangka. Dia hanya berniat untuk mendapatkan ilmu hukum kesehatan dan lulus sebelum waktu yang ditentukan. Dengan di dapatnya status wisudawan terbaik ini, Dani merasa senang karena jerih payah yang ia lakukan dan usahanya untuk pulang-pergi dari tempat asal menuju Semarang untuk menyelesaikan studi tidak sia-sia. “Saya merasa lega dan bersyukur, usaha yang saya lakukan tidak sia-sia”ucapnya. (Yel)

Kategori: ,