Lakukan yang Terbaik
Jumat, 8 September 2017 | 10:11 WIB

Perasaan tidak menyangka sekaligus bahagia menyelimuti hati Milka Melinda Susanto ketika ia mengetahui bahwa ia berhasil menjadi wisudawati terbaik Fakultas Teknologi Pertanian program studi Teknologi Pangan periode II tahun 2017. Putri pasangan Handy Susanto dan Diana Sutjiati ini lulus cum laude dengan IPK 3,81. Ia mengambil judul skripsi “Isolasi Bakteri Asam Laktat yang Berpotensi Probiotik dari Hasil Fermentasi Kubis Putih (Brassica oleracea) Sentra Magelang dalam Larutan Garam 5% dan 7,5%” karena ia tertarik dengan penelitian kakak kelas sebelumnya yang meneliti tentang potensi probiotik bakteri asam laktat (BAL) dari bahan pangan lokal.

“Menurut saya, penelitian tentang mikrobiologi cukup menyenangkan, apalagi penelitian teman-teman saya sebagian besar tentang pengembangan produk, sehingga tidak ada salahnya jika saya memilih topik yang berbeda. Selain itu, adanya keinginan untuk memanfaatkan bahan pangan lokal yang mudah rusak, sehingga bahan pangan tersebut tidak akan terbuang. Selanjutnya, setelah berdiskusi dengan dosen pembimbing, akhirnya saya dan kelompok memutuskan untuk melanjutkan penelitian tentang BAL, tetapi dengan menggunakan bahan baku dan perlakuan yang berbeda dari penelitian sebelumnya,” terang Milka tentang alasan nya memilih judul skripsinya tersebut,

Milka dan kelompoknya tidak mengira jika hasil isolasinya akan disetujui oleh dosen pembimbing, sehingga mereka tidak melakukan persiapan apapun untuk panen. Tetapi ternyata, hasil isolasi mereka disetujui sehingga mereka harus melalukan panen isolat hingga tengah malam. Saat itu, orang tua mereka telah menunggu di luar karena khawatir. Untuk hambatan, Milka menjelaskan bahwa yang paling sering terjadi adalah perbedaan pendapat dalam kelompok serta kebingungan setiap memasuki tahap penelitian dengan metode yang baru. Pada akhirnya, mereka dapat mengatasinya dengan berdiskusi dengan teman-teman lain dan laboran yang siap membantu ketika ada kesulitan.

Selama masa kuliah hingga skripsi, Milka merasa dirinya dapat belajar banyak hal baru, belajar menghargai dan memahami karakter teman-teman dalam kelompok sehingga tercipta suasana kerja yang menyenangkan. Tantangan terbesar selama mengerjakan skripsi ini menurut Milka adalah penelitian tentang BAL yang cukup lama, apalagi jika terjadi kontaminasi. Hal ini kadang-kadang menimbulkan rasa lelah dan malas. Tetapi, karena tidak ingin mengecewakan orang-orang yang telah mendukungnya sampai sejauh ini, Milka dan teman-teman kelompoknya berusaha mengerjakan penelitian mereka sampai akhir. Keinginannya untuk membanggakan orang tua yang telah bekerja keras dan melakukan segalanya untuk Milka telah menjadi motivasi Milka sehingga ia dapat mengatasi tantangan dan hambatan yang ia alami selama masa perkuliahan hingga pembuatan skripsinya.

“Ucapan terimakasih yang pertama tentunya kepada Tuhan Yesus karena tanpa penyertaan-Nya, semua usaha saya tidak akan berhasil. Selanjutnya kepada orang tua yang telah membesarkan, mendoakan dan membiayai pendidikan saya hingga saya dapat menyelesaikan studi S1. Tidak lupa, terima kasih kepada para dosen yang telah membagikan ilmu kepada saya dan teman-teman selama kuliah, serta kepada teman-teman dan seluruh keluarga FTP yang telah membantu dan memberikan pengalaman berharga selama 4 tahun ini,” ujar Milka.

Sebagai pesan penutup bagi teman-teman yang masih berkuliah, Milka berpesan agar teman-teman tidak menjadikan rasa jenuh dan lelah sebagai penghambat untuk terus maju. Tetap lakukan yang terbaik dan serahkan hasilnya kepada Tuhan. (SF)

Kategori: ,