Ketika Ignasius Jonan dan Mgr Robertus Rubiyatmoko Berorasi di Dies Natalis Unika Soegijapranata
Sabtu, 2 September 2017 | 14:26 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko hadir sebagai orator dalam Dies Natalis XXXV Unika Soegijapranata dan serah terima jabatan serta pelantikan Rektor baru, Kamis (31/8/2017).

Kedua figur istimewa itu menyampaikan orasi ilmiah.

Tanpa naik ke podium, Ignasius Jonan menyampaikan orasi ilmiahnya.

“Orasi saya bukan ilmiah tetapi semi-ilmiah ya,” demikian sebagaimana disampaikan oleh Romo Aloys Budi Purnomo Pr, Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata kepada Tribunnews.com, Jumat (1/9/2017).

Para hadirin pun tertawa, menyambut pengantar orasi ilmiah Jonan.

“Oh ya bagus tadi Pak Rektor menyanyi. Cuma lagunya tidak sesuai usianya ya. Lain kali kalau pilih lagu jangan pilih lagu yang seusia saya…. biar bisa menghayati…” canda Jonan mengawali orasinya.

Lagi, para hadirin pun tertawa.

Harus Miliki Wisdom

Menurut Jonan, orang harus memiliki wisdom di tengah arus kemajuan teknologi. Jonan memutar film pendek Jack Ma yang mengajak kita never lose hope.

“Kita tidak bisa menghentikan perubahan zaman. Juga antara lain melalui online store. Kompetisi makin ketat dan serius. Untuk itu kita harus inovatif. Jack Ma buat Alibaba yang hasilnya dahsyat. Maka kita harus melakukan transformasi leadership. Perubahan kepemimpinan. E-commerce menjadi salah satu terobosan. Ini cocok dengan kompetensi Rektor Unika yang baru. Benar ya Pak?” kata Jonan.

(►http://www.tribunnews.com)

Kategori: