Hasilkan Dua Buku
Jumat, 8 September 2017 | 8:52 WIB

Bekerja dengan mengandalkan dan untuk Tuhan pastilah hasilnya akan memuaskan dan tidak ada rasa kecewa dibandingkan bekerja untuk manusia, itulah motto hidup dari seorang The, Alvin Wibowo yang juga merupakan wisudawan terbaik dari Program Magister Profesi Psikologi ketika diwawancarai. Pria yang akrab disapa Alvin ini tidak hanya berprestasi saja dalam akademiknya, pencapaian terbesar dalam kehidupannya adalah ketika ia bisa menghasilkan buku-buku inspiratif dan dapat menularkan hal-hal positif melalui buku tersebut,

“Saya sendiri sudah menerbitkan 2 buku yang berisikan inspirasi untuk memberikan pencerahan kepada pecinta buku mengenai hidup yang positif. Buku yang saya tulis diantaranya adalah ‘Day to day success plan’ serta ‘life purpose: Benarkah ini Hidup yang kuinginkan’. Buku ini terinspirasi dari pengalaman hidup serta pembelajaran yang saya maupun orang lain alami. Problem yang ada disekitar kitapun juga dapat digali dan dijadikan tema untuk Buku tersebut. Melalui buku ini diharapkan bisa menjadi solusi atas pertanyaan yang ada dalam hidup.”

Dalam usia yang produktif, tak semua orang bisa menghasilkan buku-buku yang bertemakan inspirasi kehidupan. Namun Alvin mampu membuat 2 buah buku tersebut ketika sedang studi S2 sejak tahun 2014, bukanlah waktu yang singkat untuk dapat menghasilkan 2 buku. Ia memandang bahwa kesukesan sendiri adalah sesuatu keinginan yang dapat dicapai, serta bisa membawa orang lain lebih baik daripada diri sendiri.

Pria kelahiran Semarang, 15 September 1992 ini berhasil meraih Nilai cumlaude dan menjadi wisudawan terbaik dari prodi Magister Profesi Psikologi dengan membawakan judul Thesis “Kebermaknaan Kerja Ditinjau Dari Kualitas Relasi Atasan Bawahan, Karakteristik Pekerjaan, Usia Dan Tingkat Pendidikan Pada Karyawan Produksi Perusahaan Karya Composites”. Judul ini dipilih karena beberapa variabel penelitian psikologi yang saat ini sudah ada tidak begitu menjawab pertanyaan mengenai perilaku organisasi,

“Awalnya muncul pertanyaan dari dalam diri mengenai variabel penelitian PIO (Psikologi Industri Organisasi) yang ada belum menjawab penyebab perilaku organisasi. Apakah benar orang niat bekerja karena kepuasan ataukah pengaruh engagement.  Menurut saya ada missing link dalam menjelaskan fenomena psikologis, dimana missing link tersebut saya temukan dalam variabel kebermaknaan kerja, dan variabel tersebut berdampak banyak bagi kehidupan manusia. Variabel ini mengungkap setiap manusia memiliki makna berbeda dalam pekerjaannya.”

Dalam proses pembuatan Thesis ini, Alumnus Unika Soegijapranata ini tak menampik bahwa masih ada hambatan dalam penyelesaian penulisan ilmiah ini, terutama dalam membagi waktu antara pekerjaan, keluarga dan pribadi,

“Ada hambatan yang terjadi dalam penyelesaian thesis ini, terutama untuk waktu. Saya harus bisa membagi waktu antara menyelesaikan Thesis ini, pekerjaan, keluarga serta kehidupan pribadi. Hambatan terbesar adalah bagaimana cara untuk memotivasi diri sendiri, ia berusaha untuk rutin membuka thesis dan mengerjakannya. Usaha dan Niat adalah kunci untuk mengatasi hambatan tersebut secara perlahan. Dukungan orang terdekat seperti kekasih, keluarga khususnya orang tua maupun sahabat terbukti mampu memberikan motivasi diri dan menambah semangat dalam mengerjakan thesis ini.”

Pemilik hobi membaca dan bermain badminton ini pun turut membagikan pesan bagaimana mengerjakan thesis maupun skripsi yang bagus. Menurutnya dalam proses berfikir terdapat 2 inti yaitu bertanya dan menjawab. Tidak ada sebuah jawaban yang tidak dimulai dengan bertanya sedangkan jika kita akan bertanya maka akan ada pertanyaan lain.

“Untuk menghasilkan Thesis atau Skripsi yang bagus, bukanlah harus fokus ke proses berfikir melainkan fokus pada pertanyaan. Dalam fikiran terdapat proses tanya jawab, maka kualitas pertanyaan dapat menentukan kualitas jawaban. Jika pertanyaannya memiliki isi yang berbobot, maka jawabannya juga akan mengikuti. Jawaban yang berkualitas akan menghasilkan pemikiran dan perilaku yang berkualitas pula. Maka berangkat dari hal ini, untuk memulai thesis atau skripsi perlu diawali dengan pertanyaan yang berkualitas.” (Ign)

Kategori: ,