BEM FTP Adakan Foster 2017
Senin, 18 September 2017 | 16:15 WIB

“Reinventing Locality in Food Innovation”, begitulah tema dari acara Food Science Student Conference (FOSTER) 2017 yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata pada hari Jumat (16/9) bertempat di Ruang Teater Gedung Thomas Aquinas.

Acara FOSTER 2017 ini dibagi menjadi 2 sesi, plenary session dan platform session. Pada sesi plenary session, dihadirkan 3 Keynote speaker yaitu Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, MSc. (FTP, Unika Soegijapranata); Prof. Roger Wang, Ph.D (Department of Food and Nutrition, Providence University, Taichung, Taiwan); dan Harjanto Halim, M.Sc (PT. Marimas Putra Kencana). Dalam pemaparannya, Kristina menjelaskan mengenai salah satu penelitiannya “The Processing of Rhyzomes into Herbal Beverage” yang berbicara mengenai proses pembuatan minuman herbal dari akar-akaran yang dikeringkan menggunakan Teknologi Solar Tunnel Dryer. Sedangkan Roger Wang juga membahas mengenai salah satu hasil penelitiannya yaitu “Effect of Resistant Starch Sources on The Eating Quality and Glycemic Index of Salted Noodles” yang berbicara mengenai pembuatan mie berbahan dasar Tepung  Pisang Hijau. Adapun Harjanto Halim sebagai pembicara ketiga berbicara mengenai produk pangan sehat yang sedang dikembangkan oleh perusahaannya saat ini dengan berbasis pada bahan-bahan lokal.

Pada sesi Platform Session, diadakan kompetisi antar mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah, yang terbagi dalam 2 lomba yaitu lomba paper dan lomba presenter.

Dalam lomba paper, setiap tim mengirimkan paper hasil penelitiannya masing-masing, dan berhasil meraih predikat sebagai best paper adalah Jessica Astelia dengan judul “Determination of Cholesterol Oxidation Product in Pork Floss by Gas Chromatography-Flame Ionization Detector, dari FTP Unika Soegijapranata.

Sementara pada kategori lomba presenter, tiap peserta yang telah mengirimkan paper mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing yang terbagi dalam 3 kelas yang melombakan 7 kategori yaitu Sensory and Food Product Development, Nutrition Culinary Science, Food Processing Engineering, Food Microbiology, Agriculture and Food Security, Food Quality and Safety, Consumers Food Business.

Tampil sebegai pemenang dan berhasil meraih predikat sebagai best presenter dalam lomba presenter yaitu untuk kategori Sensory and Food Product Development dimenangkan oleh Bagus Ariyanto dengan judul “Umami Taste Producing Non-Volatile Substances from Mushroom dan tim David Tjandra Nugraha, Fransiscus Sabatino Bata, Felicia Tri Sulistiyo dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan judul “Evaluation of Lablab Bean Sprout Milk Fortificated with Eggshell Extracted Calcium.”

Pada kategori Nutrition Culinary Science; Food Processing Engineering; and Food Microbiology, predikat best presenter diraih oleh Carolina Santoso dengan judul “The Effect of Enzymatic Hydrolysis Condition on Physical of Cow’s Milk” dari FTP Unika Soegijapranata.

Sedangkan pada kategori Agriculture and Food Security; Food Quality and Safety; Consumers Food Business, predikat best presenter diraih oleh tim Monika Rahardjo dan Mayer Tinting Sirenden dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga dengan judul “Instant Cream Soup Production from Broth Waste at Small Beef Processing Industries.”

“Kami berharap dengan adanya FOSTER 2017 dapat memberikan ilmu dan kemampuan baru  serta pengalaman baru bagi para partisipan,” tutur Raynaldo sebagai Ketua FOSTER 2017.

Di samping menggelar acara FOSTER 2017, Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) juga mengadakan penandatanganan MoU (Memorandum Of Understanding) dengan Providence University – Taiwan, yang disepakati bahwa mahasiswa FTP Unika Soegijapranata bisa memperoleh ijazah sarjana (S1) maupun magister (S2) dari kedua universitas melalui beberapa skema masa belajar yang telah ditentukan. (Ian).

Kategori: ,