Akreditasi Ilmu Komunikasi Unika Naik Peringkat
Selasa, 19 September 2017 | 8:10 WIB

Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika secara resmi per 31 Agustus 2017 lalu menyandang akreditasi B, setelah melalui proses akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada Jumat (21/7) yang diuji langsung oleh asesor Muh Nadjib M.Ed dan Gatut Priyowidodo Msi, Ph.D Keputusan menyandang akreditasi B ini tertuang dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh BAN-PT : 2782/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

Drs. H.Hermawan Pancasiswi, MSi selaku Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi mengungkapkan bahwa jajaran fakultas dan program studi bersyukur karena ilmu komunikasi Unika langsung menyandang akreditasi B.

“Sebetulnya kami para dosen tidak berharap terlalu banyak, pokoknya kami berharap hanya mendapatkan akreditasi karena biasanya program studi baru hampir dibanyak tempat itu biasanya mendapatkan C dulu lalu biasanya setelah berusaha sekian lama baru bisa meningkat. Tetapi saat ini kami para dosen bersyukur karena Ilmu Komunikasi Unika bisa melompat mendapatkan akreditasi B, tidak perlu mendapatkan akreditasi C terlebih dahulu,” ujar Hermawan.

Dengan mendapatkan akreditasi B ini, Hermawan mengungkapkan bahwa hal ini menjadi tuntutan agar para dosen bisa bekerja lebih keras lagi agar Ilmu Komunikasi yang resmi berdiri tahun 2013 ini bisa mendapatkan akreditasi A pada beberapa tahun kemudian.

“Tuntutannya adalah kita harus bekerja lebih keras, kita bersyukur bahwa akreditasi melompat ke B itu sesuatu yang luar biasa dan ini menjadi modal yang baik tetapi kita harus bekerja keras supaya ketika nanti re-akreditasi kita bisa meraih nilai terbaik yaitu A“ tambah Hermawan.

Dalam acara akreditasi program studi Ilmu Komunikasi pada Kamis (21/7) lalu , para asesor membahas 7 standard borang akreditasi, namun asesor lebih menekankan pada standard satu yang berbicara tentang Visi dan Misi Ilmu Komunikasi Unika. Menurut Hermawan, para asesor membahas standar kesatu ini menjadi penting karena sebagai pembeda antara program studi Ilmu Komunikasi Unika dengan program studi ilmu komunikasi di universitas lain. (Holy)

Kategori: ,