Unika Soegijapranata Bersihkan Pantai Maron
Senin, 7 Agustus 2017 | 8:50 WIB

JTP 7_8_2017 Unika Soegijapranata Bersihkan Pantai Maron

Dalam rangka Dies Natalis XXXV, Unika Soegijapranata mengadakan aksi ekologis bertajuk "Open Maron" berupa membersihkan area Pantai Maron yang berada di kawasan Bandara Internasional Ahmad Yani, Jumat (4/8).

Kegiatan diikuti sedikitnya 409 peserta, mulai dari Rektor Unika Prof Budi Widianarko dan jajaran wakil rektor dan rektor terpilih Prof Ridwan Sanjaya hingga para dosen dan para karyawan tenaga kependidikan.

Ketua Panitia Dies, Dr Kristina Ananingsih MSc mengatakan, aksi ekologis ini merupakan cara sederhana untuk menghayati tema karya Unika Soegijapranata 2017 yakni peduli, aktif dan bermakna. "Kepedulian, keaktifan dan kebermaknaan itu dilakukan dengan cara merawat area Pantai Maron. Cara sederhana dilakukan dengan membersihkan sampah yang berserakan sepanjang Pantai Maron," ujarnya.

Kegiatan yang untuk pertama kalinya dilakukan Unika Soegijapranata di Pantai Maron merupakan upaya wajib bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan Unika. Untuk itu, universitas menyediakan sarana transpotasi berupa angkot dan sedikitnya disiapkan 50 mobil yang melaju dari kampus Unika menuju lokasi "Open Maron".

Prof Budi menuturkan, pantai adalah cermin kepribadian masyarakatnya. Saat pantai kotor, pribadi dan wajah masyarakat pun kotor, sampah-sampah di pantai bisa jadi merupakan limbah sikap ceroboh masyarakat yang di atas. "Mari kita menjaga pantai agar tetap bersih. Tindakan sederhana ini semoga menyadarkan pola kehidupan kita," tutur Prof Budi.

(Jateng Pos 7 Agustus 2017 hal. 2)

Kategori: