Sadari Kebhinekaan Sebagai Keniscayaan
Senin, 14 Agustus 2017 | 10:52 WIB

Pembukaan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB)  Unika Soegijapranata tahun akademik 2017-2018 telah dilaksanakan pada hari Senin (14/8) di lapangan Albertus Unika Soegijapranata. Turut hadir dalam upacara  pembukaan yang diikuti oleh hampir 1900 mahasiswa baru ini, para pimpinan universitas mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Ketua Program Studi, Kepala Biro/Lembaga/UPT Unika serta Direktur CLT dan Kepala Pusat Psikologi Terapan (PPT) Unika Soegijapranata.

Dalam sambutannya, Rektor Unika Soegijapranata Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc menyampaikan pesan-pesan moralnya kepada para mahasiswa tentang kebhinekaan dan persatuan yang harus senantiasa dijaga, ” Kebhinekaan atau keberbedaan itu adalah sebuah keniscayaan, yaitu sesuatu keadaan yang memang demikian adanya dalam suatu negeri yang seluas dan sebesar Indonesia. Kita akan punya teman dari Manado, Timur Leste sampai dengan Samarinda dan beberapa daerah lainnya meskipun kuliahnya terletak di ‘kota Lunpia’ Semarang,” tuturnya.

“Saat anda di kampus resapi perbedaan itu, nikmati dan berinteraksilah dengan keberagaman itu, karena pada akhirnya nanti anda bukan hanya warga Indonesia tetapi anda juga warga dunia,” jelas Prof. Budi.

Selanjutnya, Prof. Budi juga menyinggung tentang  pesan tema karya 2017-2018 Unika yaitu Tranformasi Inspiratif, “Saya ucapkan selamat datang di kampus ini (Unika-red). Dalam masa 4 tahun anda akan mengalami proses transformasi atau perubahan, tetapi kalau hanya sekedar berubah maka kurang kuat. Artinya perubahannya harus perubahan yang memberi inspirasi kepada orang lain,”tegasnya.

“Dan Unika sudah punya spirit ‘Talenta Pro Patria Et Humanitate’ artinya talenta untuk tanah air yaitu sebagai warga Indonesia dan berbicara tentang kemanusiaan maka berarti universal atau global yaitu sebagai Global Citizen,”lanjutnya.

Hal lain Ketua PTMB 2017 sekaligus Wakil Rektor I Unika Soegijapranata, Dr. Augustina Sulastri, S.Psi, Psi menekankan bahwa PTMB unika adalah pengenalan kampus yang anti kekerasan, menyenangkan serta edukatif,”Sejak beberapa tahun yang lalu kami sudah menerapkan PTMB tanpa kekerasan, berbeda dengan pengenalan dari kampus yang lain. Bahkan untuk mengantisipasi kekerasan, kami menyediakan hotline untuk pengaduan penyelenggaraan PTMB agar tidak ada kekerasan. Sebagai tagline tahun ini PTMB Unika: PTMB tanpa kekerasan, menyenangkan, edukatif”

Acara PTMB yang dimulai pada hari Senin (14/8) hingga Rabu mendatang (16/8) ini, dibuka secara simbolis oleh Rektor Unika Soegijapranata, Prof. Dr. Y Budi Widianarko, M.Sc dengan menyematkan pin kepada 14 mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan Program Studi (Prodi) di Unika. (Ign)

Kategori: ,