PTMB Unika Soegijapranata Akrab dan Bersaudara
Minggu, 20 Agustus 2017 | 13:10 WIB

Romo Aloys Budi Purnomo Pr, Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata mengatakan acara Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Unika Soegijapranata bukan sekadar pengganti OPSPEK yang tidak mengenal kekerasan. Tapi lebih jauh dari itu, PTMB mengedepankan keakraban dan persaudaraan sesama mahasiswa baru (maba).

“PTMB Unika Soegijapranata mengusung kesejukan dalam semangat kekeluargaan. Kita tidak menggunakan model kekerasan melainkan kegembiraan sebagai keluarga besar Kampus Ungu yang menjadi sebutan Unika Soegijapranata,” ujar Romo Budi, Senin.

“Semangat PTMB adalah membangun kemanusiaan bersifat mendidik, manusiawi dan tanpa kekerasan. Yang mau digapai adalah keunggulan akademik dan pribadi mahasiswa,” tambahnya.

Pada hari pertama Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) Unika Soegijapranata, Senin (14/8), rangkaian acara terbagi menjadi dua hal pokok, yakni acara pembukaan dan penyampaian materi PTMB. Acara pembukaan dilaksanakan di Plasa Albertus. Bentuknya upacara yang dipimpin oleh Rektor Prof Dr Ir Y Budi Widianarko Msc.

Sementara penyampaian materi PTMB dilaksanakan di ruang-ruang kelas masing-masing. Mereka dibagi per Fakultas. Sesudah acara pembukaan bersama-sama, para mahasiswa baru diarahkan menuju ruang kelas yang telah disediakan untuk menerima materi pembekalan. Panitia Fakultas bertanggungjawab melaksanakan sesi ini tentu dalam kerjasama dengan Panitia Universitas.

Proses penyampaian materi diawali dengan perkenalan, diwarnai ice breaking dan ishoma (istirahat, kesempatan sholat bagi yang beragama Islam dan makan siang). Di setiap penyampaian materi PTMB di kelas masing-masing, para mahasiswa baru diajak menyanyikan Hymne dan Mars Unika Soegijapranata mengawali dan mengakhiri sesi materi.

Dua Materi Utama

Seperti disampaikan kepada Romo Budi oleh Theodorus Sudimin, Ketua The Soegijapranata dan diteruskan kepada Investor Daily, ada dua materi utama PTMB. Materi pertama berisi pemaparan tentang PTMB, pengenalan Universitas dan Soegijapranata. Sedangkan materi kedua adalah pembahasan tentang tema karya yaitu Transformasi Inspiratif.

PTMB Unika Soegijapranata tak sekadar ganti nama dari OPSPEK melainkan mengubah paradigma dan isi. PTMB adalah kegiatan akademik yang menjadi semacam inisiasi bagi mahasiswa baru dan memberi orientasi berdasarkan Keputusan Rektor Unika Soegijapranata No 1763/A.4/Rek/VI/2006.

PTMB merupakan kesempatan memperkenalkan Unika Soegijapranata secara utuh baik sistem, program, model pendidikan, sejarah, visi dan misi Universitas sebagai landasan bagi maba dalam mencapai keunggulannya. Lebih dari itu, PTMB menjadi media untuk membangun relasu positif di antara sesama warga kampus.

Terkait dengan tema karya, Theo menjelaskan bahwa Unika Soegijapranata memiliki pengaruh dan berperan terhadap pembangunan civitas akademika, lingkungan dan masyarakat secara signifikan. Maka Unika Soegijapranata harus memiliki sifat transformatif dengan tidak menunda-nunda waktu untuk menjadi bagian terdepan dalam mengantisipasi setiap perubahan. Kecuali itu Unika Soegijapranata juga harus memiliki sifat inspiratif yakni kemampuan untuk menimbulkan inspirasi serta mengilhami orang lain untuk melakukan hal yang positif.

Para mahasiswa baru pun harus berperan dan mampu tampil di depan dalam mengantisipasi perubahan, mampu berkolaborasi dengan beragam pelaku sosial untuk menciptakan transformasi masyarakat dan mampu menginspirasi dan mengilhami orang lain. Para mahasiswa baru dipanggil pula melakukan gerakan yang positif dalan menyikapi perubahan dan perkembagangan jaman.

http://investor.id

Kategori: