Pra-PTMB Unika Soegijapranata, Transformasi yang Menginspirasi
Jumat, 11 Agustus 2017 | 8:26 WIB

Investor 10_8_2017 Pra-PTMB Unika Soegijapranata, Transformasi yang MenginspirasiSeusai daftar registrasi mahasiswa baru (maba) mengikuti Pra-Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (Pra-PTMB) gelombang pertama (Kamis 10/8). Pelaksanaan Pra-PTMB dilaksanakan di dua tempat, yakni Auditorium Gedung Albertus dan di Sport Hall Unika.

Di Gedung Albertus, menurut Wakil Rektor 1 yang juga menjadi Ketua Panitia PMTB, Dr Agustina Sulastri SPsi Psi, pada gelombang pertama ini, para maba Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meliputi Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan; F Teknologi Pertanian (Teknologi Pangan & NTK); dan F. Sastra (Sastra Inggris, Englishpreneurship) mendapatkan pembekalan terkait dengan sisi-sisi akademik, spiritualitas Soegijapranata dan mendapat informasi PTMB & aktivitas selama PTMB.

Sementara itu, Alvonsius Ponco HC SKom MM, Kepala Biro Administrasi Akademik Unika Soegijapranata menjelaskan sistem administrasi keuangan dan administrasi akademik. Semua informasi di-downloaddalam aplikasi gadget yakni aplikasi SINTAK dan Unika Menyapa. Segala hal terkait dengan ini merupakan bagian dari cita-cita Unika Connected.

Sedangkan di Sport Hall para maba FAD (Arsitek & DKV), F. Ikom (TI, SI, Game Tech), F. Psikologi, FHK (Hukum, Ilmu Komunikasi), F. Teknik (T. Sipil & T. Elektro) melakukan koordinasi dengan bank berkaitan dengan pengisian form pembuatan rekening, ATM, KTM bersama Ratih, Lenni dan BEMU/SEMU sebagai penanggungjawab.

Rangkaian Pra-PTMB gelombang pertama ini akan diteruskan pada gelombang kedua (Jumat, 11/8) dengan disposisi sebaliknya. Para maba yang pada gelombang pertama beraktivitas di Auditorium Gedung Albertus akan pindah ke Sport Hall. Sedang para maba yang beraktivitas di Sport Hall pada gelombang pertama akan berpindah ke Auditorium Gedung Albertus.

Tanpa Kekerasan
Dalam pengantarnya, Lastri menegaskan bahwa PTMB yang di masa lalu disebut OPSPEK di Kampus Unika Soegijapranata tidak pernah boleh menggunakan kekerasan. "PTMB kita adalah PTMB tanpa kekerasan!", tegasnya disambut tepuk tangan para peserta Pra-PTMB di Gedung Albertus Kampus Ungu Soegijapranata.

"Babak baru terbentang di depan Anda. Babak kehidupan yang dapat diisi banyak hal yang membahagiakan melalui tema karya kita 2017-2018 yakni Transformasi Inspiratif. Dengan semangat ini maka kita semua perlu menggunakan kesempatan yang telah ada di genggaman Anda untuk melakukan hal-hal terbaik bersama dengan seluruh keluarga besar Unika Soegijapranata" lanjut Doktor Psikologi ini.

Joyful Inspiring Transformation
Investor 10_8_2017 Pra-PTMB Unika Soegijapranata, Transformasi yang Menginspirasi2Suasana gembira Pra-PTMB ditandai dengan berbagai hal. Pertama, para peserta Pra-PTMB diajak untuk berlatih yel-yel PTMB. Yel-yel diserukan melalui gerak dan lagu yang membangun kegembiraan sekaligus menyadari identitas sebagai maba "Kampus Ungu" Unika Soegijapranata.

Kedua, suasana gembira juga dihadirkan oleh penampilan VG Gratia Voice. Mereka membawakan dua lagu akapela.

Ketiga, kegembiraan terpancar pula melalui penampilan Tim Campus Ministry. Romo Aloys Budi Purnomo Pr sebagai Pastor Kepala Campus Ministry bersama Tim RPK menyanyikan lagu Amazing Grace dengan alunan saksofonnya.

Semua itu menjadi salah satu cara menghayati tema transformasi inspiratif dengan gembira (joyful inspiring transformation). Ini juga bagian dari upaya menyambut maba tanpa kekerasan.

Mengenal Spirit Soegijapranata
Pada kesempatan Pra-PTMB, para mahasiswa baru mulai diajak mengenal spirit Mgr. Albertus Soegijapranata, salah satu sosok Pahlawan Nasional yang menjadi Nama Universitas Kampus Ungu. Caranya, para maba mendapatkan buku Semangat dan Perjuangan Mgr. Albertus Soegijapranata SJ.

Selanjutnya dalam enam hari, mereka wajib membaca buku tersebut dan membuat resensi atas buku tersebut. Hasilnya dikumpulkan kepada panitia. Peresensi terbaik akan mendapatkan penghargaan. Karya mereka akan dimuat dalam Tabloid Kronik Unika Soegijapranata.

Dengan cara itu, sejak awal, para maba sudah diajak mengenal spirit Soegijapranata yang menjadi nama satu-satunya Unika di Semarang dan Jawa Tengah itu. Yakni, menjadi 100% religius apa pun agamanya dan 100% nasionalis apa pun latar belakang sosial budaya dan sukunya.

(►http://id.beritasatu.com)

Kategori: