Kiat Menjadi Entrepreneur Muda Yang Sukses
Selasa, 29 Agustus 2017 | 11:51 WIB

Pelaksanaan Seminar Kuliah Tamu dengan tema “Guidance To Be A Young & Successful Entrepreneur” telah dilaksanakan pada hari Jumat (25/8) di ruang Teater, Gedung Thomas Aquinas lantai 3 Unika Soegijapranata. Seminar yang dihadiri oleh lebih dari 200 mahasiswa tersebut menghadirkan pembicara seorang Business Coach, Ferdy D. Savio yang menyampaikan materi terkait  pengembangan potensi wirausaha, tantangan kuliah sambil berbisnis, serta kiat mengawali bisnis. Selanjutnya dari kalangan entrepreneur muda turut diundang Celvin Laviano yang merupakan Wisudawan Terbaik program studi Sistem Informasi – Game Technology Fakultas Ilmu Komputer Unika Soegijapranata.

Dalam presentasinya Celvin Laviano menjelaskan tentang bagaimana mengawali bisnis dalam industri teknologi game di Indonesia,”Dalam mengawali bisnis teknologi seperti halnya game, kita pasti mengenal yang namanya start-up yaitu seperti perusahaan baru, tapi masih belum tahu kliennya seperti apa, produknya seperti apa,  dan cara mendapatkannya bagaimana, sedangkan kita sudah punya usaha tapi masih bingung diantara ketiganya itu mau yang seperti bagaimana. Masalah yang sering dihadapi adalah cara mengembangkan start-up itu bagaimana? Langkah-langkah awalnya bagaimana? Dan apa yang diperlukan untuk mengembangkan start-up terutama dalam industri game?” jelas Celvin.

“Pada tahap awal mesti ada analisis pasar, tahap selanjutnya adalah membuat konsep dan setelah itu masuk tahap produksi dan berikutnya kita harus membuat beta testing apakah produk kita benar-benar diminati oleh masyarakat, baru kemudian setelah kita ketahui, silahkan diluncurkan ke pasar,dan jangan lupa untuk selalu dimaintenance” tutur Celvin saat menjelaskan tahap-tahap mengawali bisnis game baru.

Smart Business Map

Sementara Business Coach, Ferdy D. Savio, dalam materi seminar menjelaskan tentang sebuah modul yang digunakan untuk mendampingi pengusaha. “Menjadi seorang entrepreneur ada beberapa syarat yaitu komitmen, bekerja keras (We are very passioned in what we are doing), mau membuat perubahan, dan mempunyai misi,” jelasnya.

Selain itu menurut Ferdy, seorang pengusaha harus memiliki outcome dengan memperhitungkan waktu, selanjutnya planning, keberanian untuk melakukan eksekusi, dan mereview apa yang sudah dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan usaha. Disamping itu juga disampaikan bahwa menjadi seorang pengusaha yang sukses harus berani mengambil resiko, namun resiko dimaksud adalah resiko yang bisa diperhitungkan. Dan biasanya seorang pengusaha menghadapi 6 masalah dalam menjalankan bisnisnya, 6 masalah itu adalah jaringan, pengetahuan, pasar, modal, teknologi dan legal atau paten. Sehingga apabila seorang pengusaha tidak mempunyai pengetahuan berbisnis yang benar, maka bisnisnya bisa hancur atau tutup. Jadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah diri kita sendiri sebagai pebisnis.

“Untuk membangun dan mengembangkan sebuah bisnis maka kita bisa melalui Smart Business Map (SMB) yang terbagi menjadi 12 pertanyaan, meliputi : What is the problem?, Who has the problem?, What is the solution?, How big is the market?, What factors will impact the business?, Why do people choose you?,  How do you sell your product?, How do you keep you customers?, How can you increase you revenue?, How can you manage your cost?, What is you core resources?, dan How do you develop your teams?” tambahnya. (Fys)

Kategori: ,