Katolisitas dalam Sikap Menghargai Keberagaman
Senin, 14 Agustus 2017 | 13:19 WIB

Id. Beritasatu 14_08_2017 Katolisitas dalam Sikap Menghargai Keberagaman

Unika Soegijapranata Semarang, sebagai Perguruan Tinggi Swasta Pertama di Jawa Tengah yang mendapatkan Akreditasi A Institusi Perguruan Tinggi, mulai menyelenggarakan Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB) 2017-2018, Senin (14/8). PTMB ini sudah diawali dengan Pra-PTMB selama dua hari sebelumnya (Kamis-Jumat, 10-11/8).

Ditandai Upacara Bendera Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia, PTMB akan berlangsung hingga hari Kamis (17/8), dan akan dilaksanakan di Plasa Albertus.

"Saya Unika, Saya Indonesia!"

Menurut Alvonsius Ponco HC, Kepala Biro Administrasi Akademik Unika Soegijapranata, sedikitnya 1.811 mahasiswa baru mengikuti upacara pembukaan yang dipimpin Rektor Unika sebagai Inspektur Upacara, Prof Dr Ir Y Budi Widianarko Msc.

Pada kesempatan itu Prof Budi melakukan penyematan Pin kepada 14 perwakilan mahasiswa progdi (program pendidikan) diiringi lagu "Bagimu Negeri" oleh Gratia Choir, Paduan Suara Unika Soegijapranata. Mahasiswa baru (maba) Unika Soegijapranata tak hanya dari Jawa Tengah dan Yogyakarta tetapi juga dari Lubuklinggau, Bukittinggi, Jakarta, Subang, Malang, Singaraja, Maumere, Bima, Sintang, Menado, Merauke,Samarinda, dan bahkan Baucau-Timor leste.

Dalam amanatnya, Prof Budi mengatakan selamat datang di Kampus Ungu. “Ada tanda-tanda nyata betapa Unika semakin Indonesia bahkan mendunia dari sisi mahasiswa baru dari tahun ke tahun. Maka baiklah ’Saya Unika, saya Indonesia’ menjadi yel-yel kita. Kebinekaan adalah suatu keniscayaan. Namun kita tetap bersatu meraih asa untuk bangsa. Resapi perbedaan itu di Kampus Ungu kita. Anda bukan hanya warga Indonesia tapi dunia," katanya.

Lebih lanjut Prof Budi menyampaikan bahwa tema tahun ini adalah Transformasi Inspiratif. "Anda harus berubah selama 4 tahun kuliah. Berubah yang menginspirasi melalui kreativitas. Anda hidup tumbuh berkembang di era milenial,” katanya.

“Dunia online adalah contoh dunia transformatif yang menginspirasi. Ini yang kita hatapkan. Ini sesuai motto univerrlsita kita: Talenta pro patria et humanitate. Kampus ini memberi ruang itu. Anda laksana burung terbang bebas. Nikmatilah proses laksana mereguk secangkir kopi tidak dengan berlari tetapi dengan menikmatinya," pungkas Prof Budi mengakhiri amanatnya.

Katolisitas dalam Keberagaman

Selanjutnya, para maba diajak menyanyikan Hymne dan Mars Unika karya Dr Rudiyanta dan melantunkan doa oleh Romo Aloys Budi Purnomo Pr, Pastor Kepala Campus Ministry Unika Seogijapranata.

Romo Budi mengajak bersyukur atas suasana Katolisitas dalam semangat menghargai keberagaman di Unika Soegijapranata. Disyukuri pula PTMB yang bisa dimulai dan memohon berkat bagi para mahasiswa baru yang mempercayakan diri menuntut ilmu di Unika Soegijapranata dari segala jurusan dan Fakultas yang ada.

Dalam doanya Romo Budi memohon agar para mahasiswa diberi kesehatan, kegembiraan dan kebijaksanaan dalam mengejar prestasi akademik bersama seluruh keluarga besar Unika Soegijapranata dengan menggali dan mengembangkan bakat kemampuan seoptimal mungkin demi bangsa dan kemanusiaan sesuai visi Unika Soegijapranata Talenta Pro Patria et Humanitate.

Romo Budi juga memohon berkat agar seluruh proses PTMB berjalan lancar, bermakna dan menumbuhkan semangat belajar dalam kebersamaan keluarga besar Unika Soegijapranata khususnya di tahun 2017-2018 yang mengusung tema Transformasi Inspiratif yang diserap dari semangat Mgr. Albertus Soegijapranata, yang juga Pahlawan Nasional.

"Berkatilah semua pihak yang terlibat dalam PTMB ini, jauhkanlah dari segala mara bahaya, pencobaan dan kejahatan. Semoga melalui PTMB ini kami kian mengenal visi Unika Soegijapranata menjadi komunitas akademik yang unggul dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan dilandasi nilai-nilai Kristiani, yakni cinta kasih, keadilan dan kejujuran yang juga menjadi nilai-nilai universal kehidupan. Semoga segala yang baik yang kami cita-citakan berkenan kepadaMu ya Tuhan Yang Maha Esa, Pengasih dan Penyayang, kini dan sepanjang masa. Amin." Demikian Romo Budi menutup doanya.

Sesudah doa, dipandu oleh Dr Augustina Sulastri Psi, pihak Rektorat memperkenalkan para pejabat struktural universitas (Rektor-Wakil Rektor, Dekan, Lembaga, Biro dan UPT) kepada seluruh maba, termasuk Pastor Kepala Campus Ministry.

Suasana upacara pembukaan PTMB dipenuhi kegembiraan dalam semangat kekeluargaan. Sesudah upacara pembukaan terlihat para dosen dan staf tenaga kependidikan saling bersalaman akrab. Para maba pun diarahkan masuk ke ruang-ruang kelas untuk mendalami materi PTMB bersama para pemateri yang sudah disiapkan oleh panitia Universitas dalam sinergi dengan panitia Fakultas.

(►http://id.beritasatu.com)

Kategori: