Doa Kebangsaan Bercitra Soegijapranata
Jumat, 18 Agustus 2017 | 11:11 WIB

Investor Daily 17_08_2017 Doa Kebangsaan Bercitra SoegijapranataDalam Upacara Bendera HUT ke-72 Kemerdekaan Bangsa Indonesia Civitas Akademika Universitas Soegijapranata, Kamis (17/8) Romo Aloys Budi Purnomo Pr sebagai Pastor Kepala Campus Ministry Unika Soegijapranata mendapat tugas mendaraskan doa. Doa yang dilantunkan Romo Budi merupakan doa kebangsaan bercitra Unika Soegijapranata.

Berikut selengkapnya doa itu yang diolah dari berbagai sumber dan dipersembahkan sebagai doa Kebangsaan bercitra Unika Soegijapranata.

Pujian dan Syukur

Ya Allah, kami berdoa kepadaMu Bapa, Putra dan Roh Kudus, Tuhan Yang Maha Esa.  Di pagi yang cerah indah penuh berkah ini, bersama seluruh warga bangsa Indonesia, kami bersimpuh mempersembahkan pujian dan syukur ke hadiratMu merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Engkaulah Bapa Pencipta langit dan bumi, alam semesta seisinya. Engkaulah yang telah membebaskan bangsa kami dari belenggu penjajahan dan menganugerahkan kemerdekaan bangsa kami.

Syukur dan Bahagia

Allah Yang Maha Kasih, perkenankanlah kami, civitas akademika Unika Soegijapranata bersama seluruh bangsa Indone sia mengenang dan memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan bangsa kami yang ke-72 dengan penuh syukur dan bahagia.

Ya Allah, Bapa Maha Pemersatu, semoga peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-72 bangsa kami menjadi momentum untuk merekatkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa kami yang hari-hari ini mudah tercabik oleh kebencian dan perpecahan. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, kebencian dan dendam serta perpecahan.

Perkuatlah ya Allah ikatan persatuan kami sebagai bangsa dalam menaburkan perdamaian, dan saling menjaga kerukunan. Bantulah kami untuk saling menampakkan keramahan dan saling menyokong untuk membangun persaudaraan sejati dan mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama kami. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan ini sesuai kehendakMu.

Memanusiakan Manusia

Seraya bersyukur kepadaMu kami mengenang para pahlawawan kami yang mengorbankan nyawa merebut dan mengisi kemerdekaan. Khususnya kami mengenang Pahlawan Nasional kami yang juga menjadi nama Universitas kami, Mgr Albertus Soegijapranata. Jernihkanlah jiwa, hati dan budi kami untuk memahami makna sejati bahwa kemanusiaan itu satu dan bahwa memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan adalah tugas kami. Ringankanlah gerak langkah kami untuk mengisi kemerdekaan pula dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum dan kesejahteraan yang adil dan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Semoga kami mampu mengembangkan bakat dan talenta kami untuk bangsa dan seluruh umat manusia.

Mihon Ampun

Ya Allah Yang Maha Rahim dan Pengampun, ampunilah dosa-dosa kami, dosa para leluhur kami dan dosa para pemimpin kami yang melalaikan kewajiban mengisi kemerdekaan dengan kesejahteraan dan kebahagiaan rakyat. Terimalah jasa dan perjuangan para pahlawan dan syuhada yang telah memerdekakan bangsa dan negara kami. Sambutlah mereka dalam kebahagiaan kekal di surga.

Berkatilah kami semua, bangsa kami dan seluruh anggota keluarga kami di mana pun berada. Berkatilah kami semua di dalam namaMu yang kudus Bapa, dan, Putra dan Roh Kudus. Amin.

(►http://id.beritasatu.com)

Kategori: