Dies Natalis Unika Pentaskan Ketoprak
Kamis, 31 Agustus 2017 | 11:40 WIB

WWS 30_8_2017 Unika Pentasan KetoprakSuasana berbeda hadir dalam peringatan Dies Natalis ke-35 Unika Soegijapranata, dengan menggelar pentas ketoprak di halaman parkir gedung Thomas Aquinas, Senin (28/8) malam.

Uniknya, dalam pentas berjudul ‘Setya Ing Ubaya’ tersebut, seluruh pemain merupakan dosen dan karyawan Unika, termasuk Rektor Prof Dr Budi Widianarko MSc yang memerankan tokoh Adipati Tirta Mardawa.

"Selain sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan Jawa, khususnya dalam pementasan ketoprak yang saat ini jarang ditemui. Dalam peringatan Dies Natalis Unika ini, juga sebagai momentum untuk mempererat seluruh civitas akademika. Termasuk juga, sebagai pengiring Prof Budi Widianarko sebagai Rektor Unika, yang akan habis masa bhaktinya pada 31 Agustus mendatang," terang Ketua Panitia Ketoprak Katharina Ardanareswari, disela kegiatan.

Harapan pun disampaikan Prof Budi. Menurutnya, kegiatan ini harus selalu diadakan, "Tidak hanya sekedar untuk melestarikan budaya jawa saja, namun pementasan ini juga sebagai kegiatan menyegarkan jiwa. Menariknya lagi adalah ketika bermain dalam ketoprak ini, tidak dibedakan dari struktur organisasi melainkan menjadi setara. Tidak ada rasa keterpaksaan, saya sangat menikmati peran yang dijalani di cerita ini," paparnya.

Bukan perkara mudah untuk tampil dalam pentas tersebut. Salah satu hambatannya, yakni mengingat dialog hingga kosakata bahasa jawa khas ketoprak yang harus dikuasai.

"Beban yang ada serasa lepas ketika bermain ketoprak ini, saya suka dan benar-benar menikmati proses bermain drama ini. Kedepannya semoga bisa dibentuk kelompok latihan supaya dapat mempersiapkan diri dan menampilkan ketoprak yang benar-benar apik," pungkasnya.

(â–ºWawasan 30 Agustus 2017, halaman 18) 

Kategori: