We are Citizen of The World
Selasa, 18 Juli 2017 | 14:01 WIB

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi periode 2016-2017 membuat sebuah inovasi baru dalam kegiatan mahasiswa mereka tahun ini. Socrates, Psychology Competition for Dedication and Humanities merupakan persembahan dari Bidang I Penalaran dan Bidang IV Sosial Kemasyarakatan BEM Fakultas Psikologi. Socrates adalah seorang filsuf dari Athena, Yunani yang merupakan salah satu figur paling penting dalam tradisi filosofis Barat. Kata-kata yang terkenal dari Socrates ialah I’m not an Athenian or a Greek but a citizen of the world. Kata-kata inilah yang dikutip dan menjadi spirit bagi panitia untuk mengadakan acara Socrates 2017. Rangkaian acara Socrates 2017 adalah lomba esai ilmiah dengan tema “Perilaku Sehat Bebas Narkoba”, seminar  “How To Take Action on Drugs Prevention” dan konseling gratis bagi masyarakat umum.

Seminar “How to Take Action on Drugs Prevention” diadakan pada Kamis (13/7) pukul 10.45 WIB di ruang Teater lantai 3 Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata. Dalam seminar ini, dihadirkan dua pembicara yaitu Indra Dwi Purnomo, S.Psi., M.Psi dari Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata serta Dr Zall Kepli Md Rejab dari Cyberjaya University College of Medical Science Malaysia. Dalam materinya, Indra Dwi Purnomo menjelaskan secara singkat tentang apa itu adiksi, termasuk adiksi terhadap obat-obatan terlarang. Beliau juga mnejelaskan tentang dampak ketergantungan Narkoba terhadap bagian otak korteks prefrontal yang berkaitan dengan kendali emosi, proses kognisi, dan perilaku. Pada sesi kedua, Dr Zall lebih lanjut menjelaskan tentang upaya-upaya pencegahan (prevensi) yang dapat kita lakukan sebagai warga masyarakat yang baik. Upaya-upaya pencegahan ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan komunitas.

Pada hari kedua pelaksanaan acara Socrates 2017, Jumat (14/7) terdapat presentasi esai ilmiah dari kelima tim lomba esai ilmiah dengan tema “Perilaku Sehat Bebas Narkoba” dan konseling gratis. Presentasi esai ilmiah dilaksanakan di ruang Teater lantai 3 Gedung Thomas Aquinas, sedangkan konseling gratis diadakan di ruang 402 dan ruang 403 lantai 4 Gedung Antonius Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata Semarang. Kelima tim lomba esai ilmiah tersebut mempresentasikan esai ilmiah mereka yang telah diseleksi sebelumnya dan berhasil masuk ke final lomba esai ilmiah Socrates 2017. Dua tim yang berhasil maju ke final Socrates 2017 berasal dari Universitas Semarang, satu tim berasal dari Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, satu tim berasal dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, serta satu tim lainnya berasal dari Universitas Brawijaya Malang. Dari kelima tim tersebut, Universitas Semarang tim A berhasil menjuarai lomba esai ilmiah Socrates 2017. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga memperoleh juara kedua dan ketiga. (SF)

Kategori: ,