Unika Soegijapranata Perluas Kerjasama di Korea
Rabu, 26 Juli 2017 | 10:09 WIB

SM 26_7_2017 Unika Soegijapranata Perluas Kerjasama di Korea

Unika Soegijapranata menjajaki perluasan kerjasama pertukaran dosen dan mahasiswa dengan Namseoul University Korea Selatan. Selain itu dijajaki juga kemungkinan aktivitas antar Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kedua universitas.

Hal itu disampaikan Rektor Unika Soegijapranata Prof Budi Widianarko yang bersama Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Prof Ridwan Sanjaya, Kamis (20/7) lalu melakukan kunjungan balasan ke Namseoul University di Korea Selatan. Sebelumnya Unika menerima kunjungan Prof Lee Yoon Hyon, Dekan Urusan Internasional dari Namseoul University dalam rangka penandatanganan kerjasama penyelenggaraan pendidikan bahasa Korea di Semarang.

Selain mengunjungi Namseoul University, juga mengunjungi Hanyang University sebagai salah satu mitra dalam asosiasi perguruan tinggi di Asia. Dalam pertemuan dengan Rektor Hanyang University Prof Young Moo Lee, disampaikan kekuatan Hanyang University di bidang engineering, salah satu hal yang membuat Unika Soegijapranata tertarik untuk dikembangkan.

Selanjutnya pada hari ketiga, Jumat (21/7), keduanya melanjutkan kunjungan ke Dongseo University (DSU). Salah satu tokoh perfilman Korea, Im Kwon Taek juga menjadi salah satu dosen yang memperkuat kekhasan kampus yang berlokasi di Busan tersebut.

DSU mempunyai kekuatan dalam hal animasi, game technology, dan perfilman. ‘’Rektor DSU, Prof Jekuk Chang mengatakan kerjasama dengan Unika Soegijapranata sangat strategis terutama terkait dengan Prodi Komunikasi, Game Technology, dan Desain Komunikasi Visual (DKV) di Unika yang mempunyai minat yang sama,’’ kata Prof Budi dalam siaran pers yang diterima Suara Merdeka.

Ditambahkan Budi Widianarko, ketiga universitas itu memperluas kerjasama Unika dengan beberapa Perguruan Tinggi di Korea yang telah ada sebelumnya, seperti Catholic University of Korea (CUK), Keimyung University, Sogang University, Ewha University, dan Handong University. Ditambahkannya, setiap tahunnya, beberapa mahasiswa Unika menjalani pertukaran pelajar (student exchange) di beberapa universitas tersebut.

(►Suara Merdeka 25 Juli 2017, http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: , ,