Unika Soegijapranata Bekerjasama dengan DLSUD Filipina
Selasa, 25 Juli 2017 | 13:15 WIB

Unika Soegijapranata menggelar pertemuan pada hari Selasa (18/7) untuk mengaktifkan MoU antara  De La Salle University Das Marinas (DLSUD) Filipina dan Unika Soegijapranata yang telah disepakati oleh para Rektor masing-masing universitas untuk masa waktu tiga tahun (10 May 2017 – 2020) di Ruang Hijau, Gedung Mikael lantai 3, Unika Soegijapranata.

Hadir dalam pertemuan itu dari pihak De La Salle University Das Marinas adalah Dr. Johnny A. Ching (Dean College of Science and Computer Studies); Dr. Rubie M. Causaren (Director College of Science and Computer Graduate Studies); Ms. Marivic Mitschek (Chair of Computer Studies Department); dan Dr. Airil L. Mercurio (Chair Biological Studies Department).

Dari pihak Unika Soegijapranata, Ka PMLP, Donny Danardono, SH., MHum (pakar urban and enviroment science); Dekan Fakultas Pascasarjana, Dr. Ir. Lindayani, MP (pakar food microbiology and biotechnology); Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Erdhi Widyarto, S.Kom., MT (pakar game development) didampingi oleh Dr. Bernardinus Harnadi, MT (pakar database and mobile development); F. Hendra Prasetya, S.Kom., MT (pakar E-Commerce); Albertus Dwiyoga, S.Kom., M. Kom (pakar Game Development); dan Prof. Ridwan Sanjaya, SE, S.Kom, MS, IEC (pakar programming) yang sekaligus memimpin pertemuan tersebut dengan kapasitasnya sebagai Wakil Rektor IV.

Beberapa hasil diskusi yang diperoleh adalah dimungkinkan kerjasama untuk program S1 di Ilmu Komputer di DLSUD dan Unika dalam bidang e-data dan game technology. Sedangkan untuk S2 dalam program Lingkungan dan Tata Kota (Environment and Urban Science), kerjasama dapat meliputi pertukaran teknologi informasi, pengadaan workshop yang bekerjasama dengan pemerintah setempat dan pertukaran mahasiswa.

Program kerjasama akan dimulai September 2017, yaitu dengan dikirimkannya para dosen DLSUD ke acara seminar internasional yang dikelola oleh beberapa Fakultas di Unika Soegijapranata, dan akan disiapkannya satu wakil dosen DLSUD untuk mengajar di Fakultas Ilmu Komputer. Sebagai balasan didatangkannya dosen DLSUD ke Unika, maka Unika Soegijpranata akan menugaskan pula salah satu dosen untuk mengajar di DLSUD dengan cara block system, yaitu kegiatan materi satu semester dipadatkan dalam pertemuan selama Januari – Februari 2018 saja. Sedangkan untuk kegiatan pertukaran mahasiswa, mahasiswa S2 PMLP Unika Soegijapranata akan dipersiapkan untuk studi di DLSUD sejak  Januari 2018.

Poin Kerjasama

“Dengan adanya MoU ini, kegiatan pertukaran dosen maupun pertukaran mahasiswa sudah dapat dilakukan. Seiring kedatangan mahasiswa dari Filipina, dosen di Unika harus siap mengajarkan mata kuliah yang diadakan secara reguler dalam Bahasa Inggris. Dalam hal ini, otomatis mahasiswa Unika akan dituntut untuk siap mengikuti kelasnya itu dalam Bahasa Inggris. Kegiatan dimana kelas reguler disampaikan dalam bahasa Inggris belum banyak dilakukan oleh Fakultas-Fakultas di Unika. Selama ini, mahasiswa asing yang ada di Unika adalah mereka yang berasal dari Timor Leste yang sedang belajar di Ilmu Komunikasi dan Teknik Sipil.

Diluar mahasiswa Timor Leste, sebenarnya ada yang mahasiswa asing dari Italy, Belanda, dan Filipina namun mereka tidak sedang belajar sebagai mahasiswa regular namun hanya berkunjung dan melakukan kegiatan studi banding atau mini research. Untuk ke depan, Unika akan mencoba mengaktifkan MoU dengan  mengajak lebih banyak mahasiswa mengikuti kuliah secara reguler” jelas Dr. Dra. Ekawati Marhaenny Dukut, M.Hum  sebagai Kepala International Office Unika.

“Program penggunaan Bahasa Inggris dalam penyampaian kuliah adalah sebagai salah satu upaya untuk mendukung kegiatan di Soegijapranata Catholic University College yang sedang dibangun di Bukit Semarang Baru (BSB). Di SCU College nanti, semua mata kuliah akan disampaikan menggunakan Bahasa Inggris untuk seluruh bidang ilmu sehingga akan semakin memperluas kesempatan mahasiswa dan dosen asing untuk berinteraksi dengan bahasa Inggris dalam suasana yang akademis di Unika” tutur Dr. Ekawati.

Dalam pelaksanaan program pertukaran mahasiswa dengan DLSUD, direncanakan agar mahasiswa Unika yang ingin student exchange tidak perlu cuti dari Unika, melainkan tetap membayar UKP dan SKS matakuliah yang biasa dikeluarkan jika kuliah di Unika, namun perkuliahan dilakukan di Filipina dengan nantinya nilai matakuliah itu dapat ditrasfer dari DLSUD ke Unika. Dalam hal ini, Ms. Marivic Mitschek (Chair of Computer Studies Department) akan menyiapkan 6 matakuliah di DLSUD yanga masing-masing berbobot 3 sks bagi mahasiswa Unika yang akan student exchange.

Dalam poin kerjasama untuk faculty exchange, Prof. Ridwan Sanjaya, SE, S.Kom, MS, IEC berharap agar baik dosen Unika maupun DLSUD tidak hanya menyiapkan diri untuk mengajar secara intensif selama satu bulan, tetapi dosen dituntut untuk mengadakan penelitian bersama yang perlu dilanjutkan dengan publikasi jurnal internasional. (Cal)

Kategori: , ,