Romo Budi Kunjungan Perkenalan di Kampus Unika Soegijapranata
Senin, 3 Juli 2017 | 18:23 WIB

 

Dadut Setiadi dan Romo Budi dan

Dadut Setiadi dan Romo Budi dan “Uniqua”

Pada minggu kedua menjalankan tugas pelayanan sebagai Kepala Reksa Pastoral Kampus (RPK –Campus Ministry) Unika Soegijapranata Semarang, Romo Aloys Budi Purnomo Pr melakukan kunjungan, perkenalan dan sapaan kepada sejumlah dekan, staf dosen dan karyawati-karyawan di masing-masing Gedung Kampus.

Sejauh yang bersangkutan pas ada di ruangan maka, semua disapa satu per satu sambil Romo Budi memperkenalkan diri. Beberapa dari mereka ternyata sudah mengenal dirinya sebab berkomentar, “Saksofonnya mana Romo?”

Sambil tersipu, Romo yang memang hobi meniup saksofon itu menjawab, “Waduh, ndak bawa neh…”.

Ditemani oleh Dadut Setiadi, Kepala Sekretariat Unika Soegijapranata, Romo Budi berkeliling ke enam gedung, yakni Justinus, Albertus, Thomas Aquinas, Mikael, Antonius, Henricus Constant. Di masing-masing gedung tersebut, Dadut Setiadi memperkenalkan Romo Budi kepada dekan, dosen dan karyawan yang bersangkutan.

Berhubung hari ini merupakan Senin sesudah libur Lebaran, dan kunjungan dilakukan pada pagi hari dari pukul 08.45 – 10.15, maka memang tidak bisa berjumpa semuanya. Namun hal itu sudah memberi warna tersendiri. Muncul juga komentar, “Wah inisidak ya hehe…”.

Nggak kok, ini kunjungan perkenalan dan sapaan saja…” jawab Romo Budi santai dan ramah.

Selama ini, seperti disampaikan Romo Y Gunawan Pr, pendahulu Romo Budi di RPK Unika Soegijapranata, untuk pelayanan rohani di gedung-gedung kampus Unika Soegijapranata dibentuklah koordinator gedung yang berperan seperti semacam ketua lingkungan. Mereka ini menjadi perpanjangan tangan Romo Kepala RPK dan mengkoordinir kegiatan rohani di masing-masing gedung.

Mlisalnya, mereka mengkoordinir tugas liturgi dan koor Misa Jumat di Kapel Unika, renungan APP di masa prapaskah atau renungan Adven. Mereka juga mengkoordinir doa jalan salib, pengumpulan dana APP dan aksi Natal. Itulah sebabnya, kunjungan dan sapaan awal ini dirasa penting oleh Romo Budi agar koordinasi RPK di masing-masing gegung maupun di Unika Soegijapranata ke depan dapat terus dijaga dan ditingkatkan.

 

Ucapan Selamat Hari Raya Lebaran

Kepada karyawan-karyawati serta dosen yang bergama Islam, kesempatan itu juga dipergunakan oleh Romo Budi untuk mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H atau Lebaran. Ternyata mereka merasa senang dan bahagia menerima ucapan tersebut.

Beberapa orang bahkan tampak kaget menerima ucapan tersebut. Seorang dosen, Bu Cicik, sempat menerangkan kepada yang lain yang ada di dalam ruangannya, “Romo Budi ini aktif dalam urusan lintasagama…”.

Meski Universitas Katolik, Unika Soegijapranata memang tetap terbuka dan memberikan kesempatan dan sikap hormat bagi dosen dan karyawan yang beragama selain Katolik.

Dalam kunjungan itu Romo Budi juga berjumpa seorang staf dosen Unika Soegijapranata yang juga seorang Haji, yakni Ir Haji Afrianto Sofyan Sutan Bagindo MSA, dosen arsitektur.

 

Seperti Habis Main Bulutangkis

Sesudah sekitar satu setengah jam berkeliling berkunjung berkenalan dari gedung Justinus hingga Henricus Constant, saat tiba kembali di ruangannya, Romo Budi tampak basah kuyup mandi keringat.

“Seperti habis bermain bulutangkis tiga set…” katanya. “Padahal sudah diselingi istirahat dan minum kopi di Gedung Antonius bersama beberapa kawan dosen di situ. Ternyata masih gobyos juga.”

Itu dapat dipahami sebab selain jarak antara gedung yang satu dengan lainnya lumayan jauh, masih ditambah perjalanan kunjungan juga dilakukan di lantai dua, tiga dan empat. Semua ditempuh dengan berjalan kaki, kecuali di Gedung Tomas Aquinas dengan menggunakan lift. Bahkan di Gedung Henricus Constant, Romo Budi dan Dadut naik hingga lantai delapan.

Saat istirahat di salah satu ruang dosen di gedung Antonius, Romo Budi dibuatkan segelas kopi oleh Pak Roto. Ternyata, Unika Soegijapranata juga memproduksi air mineral sendiri dari air tanah kampus. Nama airnya “Uniqua“. Lumayan bisa untuk kepentingan kampus sendiri.

“Semoga kunjungan dan sapaan ini bermanfaat dan menjadi berkat serta memberi semangat khususnya dalam rangka Reksa Pastoral Kampus di masa mendatang,” pungkas Romo Budi menyampaikan harapannya.

(►http://id.beritasatu.com)

Kategori: