PT Diminta Pelopori Disruptive Innovation
Selasa, 18 Juli 2017 | 12:53 WIB


Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Unika Soegijapranata, Prof Dr F Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC dikukuhkan menjadi guru besar bidang sistem informasi oleh rapat senat terbuka di Auditorium Albertus, Unika, kemarin.

Ridwan mendapat kepercayaan dari Rektor Unika, Prof Budi Widianarko untuk menerapkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi kampus, terutama dalam memasuki era teknologi informasi berbasis intemet yang real time, yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi mahasiswa, orang tua, dan dosen.

SK pengangkatan guru besar atau profesor sesuai dalam SK Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI ditandatangani M Nasir. Dalam rapat senat terbuka pengukuhan guru besar kemarin, Ridwan yang lulusan doktoral Computer Information System Asumtion University of Thailand pada 2011, menyampaikan pidato ilmiah Disruptive Innovation dalam Pendidikan Tinggi. Perguruan tinggi hendaknya mencermati disruptive innovafion tersebut.

Menurut dia, disruptive innovation adalah suatu perubahan yang terjadi dan tidak dapat dihindari sebagai dampak dari kemajuan teknologi, produk dan bisnis yang mengutam akan kemudahan, kenyamanan, dan keberpihakan kepada masyarakat.

Hal Baru
Dalam pendidikan tinggi (PT), kursus online atau Massive Open Online Course (MOOC) sering disebut sebagai bentuk disruptive innovation. Beberapa contoh MOOC yang sudah dikenal masyarakat antara lain edX (edx.org), Udacity (udacily.com), Udemy (udemy.com), dan Coursera (coursera.org).

Ke depan, menurut Ridwan, PT harus bergerak menemukan berbagai hal baru agar dapat menjadi pelopor dari disruptive innovation, dan menjadi bagian dalam perubahan yang radikal supaya tak tertinggal. “Transformasi PT yang lebih baik, lebih mudah, sederhana, dan nyaman merupakan usaha yang tidak boleh berhenti. Jika tidak melakukannya, maka bisa-bisa (PT-red) nanti tergantikan,” ujar Ridwan.

Ia mencontohkan, salah satu bentuk disruptive innovation ada di Unika, yakni program berbasis Android Unika Menyapa. Dimana, pengguna aplikasi otomatis akan menerima informasi mengenai jadwal universitas, kegiatan yang sudah terlaksana atau yang akan datang di tingkat universitas dan program studi, pengunuman, informasi peluang untuk mahasiswa, buku perpustakaan, akses ke dalam sistem informasi akademik, dan pengisian kartu rencana studi (KRS) secara online.

(â–ºSuara Merdeka 18 Juli 2017 hal. 22)

Kategori: