PROF DR RIDWAN SANJAYA – Loper Koran yang Kini Guru Besar
Senin, 17 Juli 2017 | 8:16 WIB

KR 17_07_2017 Loper Koran Jadi Guru Besar

HARI ini, Senin (17/7), Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc beserta Senat universitas akan mengukuhkan dosen senior bidang, Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer, Prof F Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC PhD menjadi guru besar Sistem Informasi pertama di jurusan tersebut dan guru besar keenam di lingkungan Unika Soegijapranata.

Ada sejumlah catatan spesial menyangkut acara pengukuhan hari ini. Di antaranya, Prof Dr Ridwan Sanjaya yang juga Wakil Rektor IV (Bidang Kerja Sama dan Pengembangan) mencapai jabatan tertinggi akademik (guru besar) dalam usia muda 39 tahun lewat SK Guru Besar tanggal 1 April 2017. Bahkan tanggal 17 Juli 2017 ini juga hari sangat spesial bagi suami dari Lucia Sianny Octavia dan dua anak mereka (Kezia Patricia Sanjaya, Michael Giovanni Sanjaya), karena persis sebagai tanggal ulang tahun ke-40 dosen dengan segudang prestasi dan aktivitas ini.

Alumni S1 Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Undip tahun 2001, S1 Prodi Teknik Informatika sebuah perguruan tinggi swasta di Jateng tahun 2000, S2 Internet and E-Commerce Technology, Assumption University Bangkok 2006 (lulus Summa Cum Laude) dan S3 Computer Information System, Assumption University Bangkok 2011 (lulus Summa Cum Laude), ternyata juga memiliki kedekatan dan kenangan tak terlupakan dengan dunia media massa, khususnya media cetak.

Saat masa kecil dan remaja, pria kelahiran 17 Juli 1977 itu (usia SD sampai SMA) Ridwan kecil, anak kedua dari tiga bersaudara pasangan Gunadharma Halima (alm) dan Haryani Santos bersama bapaknya menjadi loper sedikitnya 5 perusahaan koran, termasuk Kedaulatan Rakyat yang menjadi andalan penjualannya. Di daerah Demak tempat dia tinggal di masa kecil sampai remaja, bersama sang ayah tiap pagi sampai sebelum ke sekolah Ridwan membonceng sepeda motor GL 100 sang ayah untuk ikut membantu mengantar koran ke pelanggan. Saat remaja, Ridwan dan kakaknya mengantar koran ke pelanggan dengan sepeda onthel, berbagi rute dengan bapaknya.

"Minat baca saya mulai tumbuh karena harus tahu isi minimal 5 koran sebelum sampai ke pelanggan. Dari membaca akhirnya juga menumbuhkan minat untuk menulis mulai kecil dan saya masih ingat persis tulisan pertama saya di masa kecil dimuat di majalah remaja Gatotkaca (Kaca) Yogya yang juga group dari Kedaulatan. Rakyat, dan mendapat honor Rp 15.000. Jumlah yang cukup besar bagi seorang anak saat itu," kenang Prof Ridwan Sanjaya kepada KR akhir pekan lalu.

Minat baca dan menulis yang tumbuh sejak dini inilah yang dikemudian hari (saat ini) menjadi prestasi luar biasa bagi pria yang mulai menjadi dosen Unika sejak 1 Oktober 2002. Prof Ridwan Sanjaya saat ini tercatat sebagai dosen penulis buku dan artikel terbanyak di Unika Soegijapranata, nasional dan internasional.

(►Kedaulatan Rakyat 17 Juli 2017, hal. 15)

Kategori:

2 Responses to “PROF DR RIDWAN SANJAYA – Loper Koran yang Kini Guru Besar”