Pererat Kerjasama Melalui “HRD Gathering”
Rabu, 19 Juli 2017 | 9:42 WIB

Unika Soegijapranata melalui 3 unitnya yakni Centre For Language Training (CLT), Pusat Psikologi Terapan (PPT) dan Soegijapranata Student Carrer Centre (SSCC) kemarin Sabtu (15/7) mengadakan seminar HRD Gathering dengan mengangkat tema “Value Added Creation in Human Resources Functions, Implemented Into Business From Operational To Strategic Level”. Dr. Kristiana Haryanti, Msi. Psi. yang menjadi Ketua Panitia HRD Gathering menjelaskan bahwa seminar yang diselenggarakan di ruang Theater Gedung Thomas Aquinas lantai 3 ini merupakan bentuk Corporate Social Responbility (CSR) Unika sekaligus untuk mempererat kerjasama Unika dengan perusahaan perusahaan yang sudah lama menjadi mitra atau klien.

“Seminar ini menjadi program CSR dari Unika untuk perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra kerjasama. Selama ini kan kita banyak bekerjasama dengan perusahaan perusahaan yang datang ke Unika, nah sekarang waktunya kita (Unika-red) gantian memberikan nilai tambah bagi mereka (para perusahaan-red) yang bekerja sama dengan Unika, jadi mereka (para perusahaan-red) tidak hanya sekedar mengikuti Job Fair” ujar Kristiana ketika diwawancarai sebelum seminar dimulai.

Seminar yang berlangsung sejak pukul 14.00 wib hingga 19.00 wib ini membicarakan beberapa topik dengan sistem audiensi antara peserta seminar (para HRD perusahaan) dengan pembicara tunggal Dr. Bima Hermastho yang merupakan Senior Consulting dari PT. Freemind Management Consulting . 2 topik diantaranya yang menjadi pembahasan serius yaitu : (1) permasalah antara karyawan dengan HRD dan (2) cara menjadi seorang HR yang benar benar berguna untuk perusahaan.

Ketika para peserta seminar diberi waktu berbicara, ada beberapa peserta yang mengungkapkan permasalahan umum antara karyawan dengan HRD yang tak kunjung selesai dari tahun ke tahun. Permasalahan tersebut seperti : peraturan promosi jabatan, pendidikan lanjutan guna kenaikan golongan dan kenaikan gaji, ijin cuti, peraturan waktu lembur dan bonus lembur.

Sementara itu setelah para peserta menceritakan beberapa permasalahan umum, Dr Bimo Hermastho yang menjadi pembicara tunggal dalam seminar ini menjelaskan ada 4 tahap menjadi seorang HR dalam menciptakan nilai lebih untuk perusahaan. Tahap ke-1, terlebih dahulu menjadi HR yang profesional/berkompeten dalam perusahaannya, tahap ke -2 membuat strategi HR dalam mengatur sumber daya manusia dan organisasi, tahap ke-3 mempraktikkan strategi HR didalam maupun di luar perusahaan dan tahap ke-4 adalah melihat hasilnya dalam produk yang dihasilkan.

Acara seminar ini sangat antusias diikuti oleh beberapa perusahaan mitra Unika. Hal  tersebut terbukti dengan adanya peserta perwakilan perusahaan yang berjumlah sekitar 150 orang yang datang dari berbagai kota besar yang ada di Indonesia , bahkan ada yang datang dari luar pulau Jawa. (Holy)

Kategori: ,