Komikus Semarang Berbagi Cerita Bikin Komik Strip
Sabtu, 15 Juli 2017 | 7:55 WIB

Louis Presiden Sanjaya (19) adalah komikus asli Kota Semarang. Ia menggeluti dunia pembuatan komik strip sejak masih duduk di bangku kelas 12 SMA. Keinginannya dalam membuat komik berawal dari cerita tentang sosok mantan pacar teman. Sekarang, mahasiswa Unika Soegijapranata tersebut telah menghasilkan ratusan karya. "Sebanyak 100 episode saya unggah di Instagram, sedangkan 83 episode lain di situs Webtoon.com," ujar pemilik akun Instagram @dhurjaty itu, baru-baru ini.

Louis lantas bercerita mengenai awal mula membuat komik strip. Waktu itu, temannya curhat tentang sang mantan pacar. Setelahnya, ia pergi ke toko ritel untuk membeli minuman bersoda. "Lha, kok, nama yang tertulis di botol minuman tersebut sama dengan nama mantan pacar teman saya. Dari situ, tercetus ide membuat komik strip," ungkapnya.

Setelah jadi dan diunggah di Instagram, ternyata komik Louis diambil dan dipajang di akun @komikin_ajah. Lantaran senang, ia pun membulatkan tekad untuk menekuni dunia komik strip. Sekadar informasi, komik strip adalah komik yang memiliki satu cerita dalam sebuah rangkaian gambar.

"Sebenarnya, saya tidak begitu rutin menerbitkan karya. Saya hanya membuatnya seminggu sekali. Tetapi, sekarang, saya ingin produktif lagi mengingat pembuatan satu komik strip tak membutuhkan waktu lama. Empat jam sudah jadi, kok," imbuh Louis.

Selama ini, ia lebih suka membuat komik bertema komedi dengan latar belakang cerita kehidupan sehari-hari. Namun, sesekali, ia pernah pula membuat karya bertema horor, asmara, dan informasi publik. "Beberapa waktu lalu, saya menjadi komikus terpilih di Webtoon.com. Saya diminta membuat tentang Ramadan 2017," ujarnya.

(http://jateng.tribunnews.com)

Kategori: