Ganjar Lepas KKN Unika
Jumat, 28 Juli 2017 | 17:12 WIB

JTP 27_07_2017 Ganjar Lepas KKN Unika

Sebanyak 672 mahasiswa KKN Unika Soegijapranata periode 2016-2017 dilepas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Rektor Unika Prof Budi Widianarko dan Kepala LPPM Prof Andreas Lako di lapangan Albertus, kemarin.

Mereka rencananya akan ditugaskan di tiga kabupaten, yakni Wonosobo, Grobogan dan Kendal. "Selain di tiga kabupaten ada juga lima mahasiswa yang diikutsertakan dalam KKN di Kabupaten Mentawai. Semua KKN Unika yang ditugaskan fokusnya masih pada pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup," jelas Ketua LPPM Unika Prof Andreas Lako, di sela acara.

Sementara Prof Budi menambahkan, awal mula KKN di Kabupaten Wonosobo, sebelumnya kota tersebut pernah dijadikan tempat tujuan KKN, didahului dengan adanya kegiatan refleksi karya yang dilakukan seluruh dosen dan karyawan Unika. "Kami merasa puas dengan perkembangan KKN selama kurun waktu empat tahun ini, karena Unika tidak kesulitan mencari daerah untuk kegiatannya justru banyak kabupaten yang meminta untuk dijadikan tempat kegiatan. Artinya kehadiran KKN Unika di daerah tidak menjadi beban," ucapnya.

Ditambahkan, bahkan dengan kerjasama antara Unika dengan pemprov atau pemkab, program-program KKN yang dikerjakan bisa nyambung dengan program-program pemerintah. "Kami tidak ingin mengembangkan program KKN versi kami sendiri, tetapi kami mengikuti program pemerintah," jelasnya.

Ganjar Pranowo mengatakan, apresiasi sekali karena program KKN dapat membantu membangun sistem informasi di desa. "Membantu transparansi anggaran desa, dan berharap dapat mengecek problem kemiskinan berikut data termasuk isu-isu lokal," ucapnya.

(â–ºJateng Pos 27 Juli 2017 hal. 2)

Kategori: