Disseminating Research Findings FTP Unika
Selasa, 4 Juli 2017 | 12:08 WIB

Salah satu event memperingati ulang tahun Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika  Soegijapranata yang ke-22 adalah acara ‘Disseminating Research Findings. Acara yang diadakan pada hari Rabu (14/6) tersebut merupakan presentasi hasil penelitian para dosen Program Teknologi Pangan dan Nutrisi Teknologi Kuliner  sekaligus penawaran topik penelitian untuk skripsi dan tesis.

Dalam presentasi tersebut, ditampilkan presentasi penelitian seluruh dosen Fakultas Teknologi Pertanian yang terbagi dalam 5 rumpun ilmu, yang meliputi (1) Rumpun Rekayasa Pengolahan Pangan oleh Dr. V. Kristina Ananingsih, ST, MSc.; Novita Ika Putri, S.TP., MSc.; dan Ir. Sumardi, MSc ; (2) Rumpun Nutrisi dan Pangan Fungsional oleh Dr. Ir. Ch. Retnaningsih, MP.; Dr. A. Rika Pratiwi, MSi. ; Dea Nathania, S.TP.; dan Meiliana ; (3) Rumpun Keamanan dan Integritas Pangan oleh Prof. Dr. Ir. Y Budi Widianarko, MSc ; Dr. B. Soedarini, S.TP, MP.; dan Inneke Hantoro, S.TP., MSc.. (4) Rumpun  Desain dan Pengembangan Produk oleh Dr. R. Probo Yulianto N., S.TP., MSc.; dan Ita Sulistyawati, S.TP, MSc., serta (5) Rumpun Mikrobiologi dan Bioteknologi yang dipegang oleh Dr. Ir. Lindayani, MP. ; Dra. Laksmi Hartayanie, MP. ; dan Katharina Ardanareswari, S.TP, M.Sc.

 

Topik Penelitian

Dalam presentasinya, Dr. Kristina memaparkan mengenai topik-topik penelitian yang bisa dipilih oleh mahasiswa yang sedang skripsi sesuai rumpun ilmunya, yaitu Teknologi Pengeringan salah satunya Modified Solar Tunnel Dryer yang bisa berlaku saat musim hujan; pembuatan minyak atsiri yang dienkapsulasi dalam produk pangan terutama dari bahan kapulaga.  Berikutnya, Teknologi bakery dan confectionary salah satunya pembuatan hard candy yang memiliki flavour rempah-rempah lokal misalnya beras kencur dan pembuatan mie tanpa gluten.

Pada rumpun Nutrisi dan Pangan Fungsional didominasi oleh topik penelitian Program Nutrisi dan Teknologi Kuliner yang lebih banyak meneliti mengenai pola pangan dan gizi. Sedangkan pada rumpun Mikrobiologi dan Bioteknologi Pangan lebih banyak mengadakan penelitian dan berinovasi pada pengaruh Bakteri Asam Laktat. Serta untuk rumpun Desain dan Pengembangan Produk, mahasiswa dapat meneliti mengenai penggunaan segala bahan yang dapat dibuat menjadi makanan dengan syarat ada optimalisasi kandungan senyawa yang menunjang kesehatan.

“Untuk rumpun keamanan dan integritas pangan, kita memiliki 3 fokus ilmu yang diperdalam antara lain : Keamanan Pangan;  safety management; Food Technology. Ada beberapa topik penelitian  yang dapat ditawarkan menjadi skripsi salah satunya dengan meneliti mengenai Food Toxicologant Safety yang meneliti mengenai kontaminasi plastik pada bahan pangan” tutur Inneke Hantoro. (Cal)

Kategori: ,