Audisi Terbuka SoegiJazz
Senin, 10 Juli 2017 | 10:43 WIB

Pada hari Sabtu (8/7) telah diadakan audisi terbuka untuk memilih band yang akan tampil dalam acara SoegiJazz di Ruang Theater Gd. Thomas Aquinas lt. 3. Audisi terbuka ini diikuti oleh band mahasiswa Unika Soegijapranata dari berbagai fakultas dan hanya akan ada satu band terpilih yang diberi kehormatan untuk tampil di Soegijazz. Adapun band yang mengikuti audisi terbuka ini adalah “Happy Time”, “Viagra”, dan “Fendra and Friends”. Dan yang terpilih adalah band “Fendra and Friends” setelah melalui penilaian para juri.

Audisi terbuka dilakukan karena pada acara SoegiJazz nantinya akan diadakan band campus yang mendatangkan band-band dari kampus lain, sehingga Unika Soegijapranata ingin memberikan yang terbaik untuk ditampilkan pada khalayak umum.

Apa itu SoegiJazz ?

SoegiJazz, sebagai salah satu acara yang diadakan oleh pihak Unika Soegijapranata bertujuan untuk mengenalkan musik jazz pada mahasiswanya, karena Unika Soegijapranata tidak hanya mengarahkan mahasiswanya untuk berkecimpung dalam dunia akademi, namun juga ingin mengajak mereka untuk mengasah soft skill mereka, salah satunya dalam dunia permusikan. Dalam kesempatan ini, hal yang ingin diperkenalkan oleh Unika Soegijapranata adalah musik beraliran jazz. SoegiJazz merupakan acara yang menampilkan berbagai musik beraliran jazz yang dapat diikuti oleh pecinta musik jazz dari berbagai kalangan. Tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan acara Soegijazz.

Kenapa Musik Jazz ?

Sebenarnya terdapat cukup banyak aliran musik yang dapat dijadikan tema acara musik di Unika Soegijapranata. Namun, dipilihlah musik jazz sebagai tema dari acara musik yang diadakan Unika Soegijapranata, karena aliran musik jazz ini merupakan aliran yang menarik, menurut beberapa orang yang berada di Ruang Theater pada saat audisi terbuka SoegiJazz, karena jazz merupakan salah satu bentuk musik yang dimainkan secara bebas dari beragam alat musik, namun para pemainnya dapat membuat sebuah alunan musik yang harmonis karena adanya chemistry atau ikatan perasaan yang kuat di antara para pemainnya.

Rotumiar Pasaribu, selaku Sie Acara SoegiJazz 2017, menuturkan “Semoga band yang terpilih dalam audisi ini dapat menyampaikan informasi atau pesan yang baik dalam memainkan musiknya sesuai dengan alunan harmonis musik jazz dan semoga para penonton SoegiJazz 2017 nantinya dapat menikmati musik yang mereka bawakan”.

SoegiJazz 2017 akan diadakan pada tanggal 21 Agustus 2017 di Sport Hall Unika Soegijapranata Semarang. SoegiJazz 2017 akan mengadakan “Sound of Colleges” yang mendatangkan band dari berbagai universitas, termasuk band dari Unika Soegijapranata sendiri. Hal lain juga akan diundang beberapa penyanyi dan musisi kondang seperti RAN, Eva Celia, Tohpati Ethnomission, dan DAC. Selain penampilan band campus dan musisi kondang, akan diadakan coaching clinic musik jazz oleh pelatih profesional.(Ian)

Kategori: ,