Pola Komunikasi dan Pola Marketing Sangat Berpengaruh dalam Suatu Usaha “Seminar Wirausaha Penutupan KKU Wilayah Paroki Sambiroto”
Selasa, 13 Juni 2017 | 15:51 WIB

Diberitakan sebelumnya bahwa pada hari Selasa (4/4) secara resmi Unika Soegijapranata melepas 300 mahasiswa Unika peserta KKU periode II , Semester genap, tahun akademik 2016/ 2017. Selanjutnya 300 mahasiswa tersebut terbagi dalam beberapa wilayah mitra KKU Unika, wilayah tersebut antara lain : Kecamatan Gunungpati, Kelurahan Kemijen, Gereja Katolik Paroki Sambiroto, Kelurahan Tanjung Mas, Kelurahan Gisikdrono, dan Yayasan Kuncup Melati Gang Lombok.

Setelah berkegiatan selama hampir dua bulan, KKU di salah satu wilayah mitra KKU Unika yakni di Gereja Katolik Sambiroto sudah dinyatakan selesai dan puncaknya pada hari Jumat (9/6) KKU di wilayah tersebut ditutup dengan Seminar Wirausaha bertema “Mencapai Kesuksesan Melalui UMKM Unggul”.

Seminar yang diisi oleh pemateri dosen Unika Soegijapranata, Bapak Rudi Elyadi, SE., MM  dan Ibu Sintawati Triastuti yang merupakan pelaku wirausaha kerajinan tangan“Sinta Craft”, diikuti oleh 36 mahasiswa serta 9 orang mitra KKU. Fiorencia Grecella, Ketua Seminar Wirausaha KKU, menjelaskan bahwa selain sebagai acara penutupan KKU wilayah Gereja Sambiroto, seminar ini juga terselenggara agar bisa membantu dan membuka peluang para mitra KKU  untuk pemasaran produk secara online.          “Seminar ini sangat penting untuk membantu dan membuka peluang para mitra (KKU) dalam mengenal pemasaran yang sekarang ini banyak dijelajah  menggunakan media sosial demi memasarkan usahanya” ujar Grecella.

Dalam paparannya, Rudy menjelaskan pentingnya merubah pola komunikasi dalam sistem marketing jika kita terjun dalam dunia wirausaha. “Ketika orang sudah selesai membeli jangan bilang ‘apakah sudah?’ tapi coba bilang saja ‘adakah barang yang lain yang mau dibeli? Teh atau kopi mungkin ?’. Lalu jika barang yang diinginkan pembeli tidak ada, jangan bilang ‘tidak menjual’ tapi bilang saja  ‘stoknya sedang habis’ cara ini agar kita tidak kehilangan pelanggan” jelas Rudy.

Sedangkan Ibu Sintawati Triastuti pemilik usaha “Sinta Craft” dalam paparannya lebih banyak sharing tentang kiat sukses dalam pemasaran produknya. Ia menceritakan bahwa kerajinan tangannya ia pasarkan secara online baik itu melalui facebook, instagram dan lain lain. Dan tak lupa ia juga selalu mengikuti event bazar kerajinan tangan yang diadakan oleh pemerintah.

Kegiatan Kuliah Kerja Usaha (KKU)  periode II , Semester genap, tahun akademik 2016/ 2017 ini akan serentak ditutup dari semua wilayah pada 11 Juli 2017 mendatang. Acara penutupan serentak tersebut akan ditandai dengan expo / bazar UMKM di halaman lapangan Unika dan Workshop Wirausaha. (HLY)

Kategori: ,