Mengakses Ngesti Pandawa Lewat Internet
Jumat, 2 Juni 2017 | 9:45 WIB

KR 29_05_2017 Mengakses Ngesti Pandowo Lewat Internet

PERKUMPULAN seni wayang orang ternama di Semarang, Ngesti Pandawa, sampai sekarang masih eksis meski tidak mudah dalam menjaga kondisi. Dan untuk "beradaptasi" dengan zaman serba teknologi informasi komunikasi (ICT), sejumlah tokoh dimotori Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berusaha mengonlinekan Ngesti Pandawa sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat seantero jagat.

Saat memainkan lakon “Gathutkaca Rante” bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional belum lama ini, dirangkaian acara pementasan diluncurkan media sosial dan aplikasi mobile untuk Ngesti Pandawa. Sembilan media yang diluncurkan meliputi website www.ngestipandawa.com, Facebook, Instagram, Twitter, Younbe, Wikipedia, Google Map, Trip Advisor, dan aplikasi android Ngesti Pandawa yang bisa diunduh melalui Google Play.

"Wayang orang Ngesti Pandawa di-online-kan agar tontonan, informasi, dan layanan dari Ngesti Pandawa dapat diakses oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri," ujar Dr Ridwan Sanjaya, Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata ini.

Peluncuran online sembilan media merupakan kerja sama Ngesti Pandawa pimpinan Djoko Muljono dengan Unika Soegijapranata diawaki Dr Ridwan Sanjaya (Sistem Informasi), Dr Rachmad Djati (Psikologi), Tjahjono Rahardjo (Lingkungan & Perkotaan), dan Albertus Dwiyoga (Sistem Informasi).

Dengan media online, diharapkan Ngesti Pandawa dapat lebih dekat dengan masyarakat. Berbagai informasi dan pengetahuan dapat dengan cepat diperoleh masyarakat. Bahkan wisatawan luar negeri juga dapat memanfaatkan nya untuk pemesanan tiket pertunjukan.

(►Kedaulatan Rakyat, 29 Mei 2017)

Kategori: