Gelar Guru Besar Bukan Berarti Berhenti Berkarya
Sabtu, 24 Juni 2017 | 9:21 WIB

Pencapaian gelar akademik tertinggi, Guru Besar bukan berarti berhenti berkarya. Koordinator Perguruan Tinggi Swasta wilayah VI Prof Dr DYP Sugiharto menyatakan, target yang perlu diwujudkan usai menerima surat keputusan (SK) Profesor adalah menghasilkan karya ilmiah bereputasi.

“Sebagai seorang Profesor, perlu untuk terus berkarya. Begitu juga raihan ini diharapkan akan memotivasi bagi dosen yang lain supaya dapat mengikuti jejaknya,” kata Prof Sugiharto usai menyerahkan SK pengangkatan Guru Besar atau Profesor di Kantor Kopertis VI Jawa Tengah, Kamis (22/6) kemarin seperti yang dirilis Humas Unika Soegijapranata Semarang.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC menerima amanah sebagai guru besar di bidang Sistem Informasi. Ia kini berhak menyandang gelar Profesor, sesuai dalam Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Nomor 69176/A2.3/KP/2017 yang ditandatangani Mohamad Nasir.

“Dr Ridwan Sanjaya merupakan Guru Besar ke-71 dari 10 ribu dosen yang berkarya di Jawa Tengah,” tambah Prof Sugiharto.

Ia juga menekankan, bahwa melalui pencapaian ini penerima amanah Guru Besar diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi dosen lain dalam meningkatkan karyanya dan mencapai jenjang kepangkatan akademik yang lebih tinggi. Selain itu penelitian dan publikasi ilmiah berskala internasional juga harus semakin ditingkatkan.

Dalam kesempatan yang sama Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Y Budi Widianarko MSc menambahkan, Dr Ridwan Sanjaya meraih gelar Guru Besar pada usia yang tergolong muda. Dia mendapatkan gelar tersebut dalam usia 39 tahun dan merupakan guru besar yang cukup muda di Universitas yang dipimpinnya.

“Dalam waktu tidak lama lagi, Dr Ridwan Sanjaya akan menerima suksesi kepemimpinan sebagai Rektor Unika Soegijapranata yang belum lama ini meraih akreditasi institusi A dari BAN PT,” tuturnya.

Dosen Program Studi Sistem Informasi Unika Soegijapranata itu, dikenal aktif sebagai penulis buku-buku komputer, teknologi-bisnis dan teknologi-psikologi di penerbit buku nasional. Ia juga sebagai pengisi aktif di kolom konsultasi komputer sebuah surat kabar di Jawa Tengah.

Prof Dr Ridwan Sanjaya SE SKom MS IEC meraih gelar doktoral di bidang Computer Information System dari Assumtion University Thailand. Sementara gelar master di bidang Internet and E-Commerce Technology diraih dari universitas yang sama.

(►http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: