Workshop Pengembangan Kepribadian
Selasa, 23 Mei 2017 | 8:40 WIB

Kelas S1-S2 Manajemen FEB Unika Soegijapranata Semarang mengadakan workshop pengembangan kepribadian pada Selasa (23/5) di Noorman Hotel. Kegiatan ini berguna untuk menambah wawasan dan praktik bagaimana menghadapi dan berbicara dengan calon pelanggan atau atasan dan kolega sederajat. Workshop ini di ikuti oleh seluruh mahasiswa S1-S2 Manajemen FEB Unika Soegijapranata berjumlah 40 siswa.

Workshop kali ini mengusung tema Smart Way to Get Job. Topik ini di nilai relevan karena banyak pelamar kerja di nilai kurang mempersiapkan apa saja yang harus di ungkapkan oleh dirinya ketika mengikuti kegiatan rekrutmen. Peserta akan di ajari kiat-kiat antara lain membaca iklan kerja dengan cerdas. Calon peserta akan diajari bagaimana membaca iklan lowongan dengan baik dan tepat. Perusahaan besar belum tentu menggunakan ruang iklan yang besar di koran atau jaringan on line. Kedua, membuat surat lamaran yang menarik. Lamaran di buat untuk menarik calon pemberi kerja supaya mau menindaklanjuti lamaran kerja berupa tes selanjutnya. Ketiga, menyusun CV yang menjual. CV atau daftar riwayat hidup dapat dipakai calon pemberi kerja untuk menelaah calon karyawan yang akan di rekrut. Untuk itu di perlukan tip yang tepat ketika menyusun CV yang dapat menarik calon pemberi kerja.

Keempat, melakukan wawancara dengan benar. Wawancara adalah sarana penggalian informasi detil dan ajang bertemunya pemberi kerja dengan calon karyawan secara fisik. Untuk itu di perlukan kiat yang tepat dalam upaya meyakinkan calon pemberi kerja supaya yakin bahwa yang dihadapannya adalah calon karyawan yang berkompeten. Kelima, menghadapi masa orientasi kerja. Ketika calon karyawan di terima bekerja tentu ada masa orientasi yang kadang membingungkan calon karyawan baru ini untuk berbuat atau mnegerjakan hal yang berguna bagi perusahaan. Untuk ini pemberian kiat bagaimana seorang karyawan baru dapat segera berfungsi sebagaiamana mestinya dan dapat mendukung penuh kegiatan perusahaannya. Pada akhirnya perusahaan dapat berkembang karena dukungan SDM yang memadai.

Seluruh kegiatan ini akan dipandu oleh ibu Catherine Ikadewi Christiandini, CEO PT Indorektra Karunia Abadi Jakarta. Perusahaan ini membawahi salah satu divisi perusahaannya yang bernama Rectra Consulting yang bergerak dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang pelatihan dan rekrutmen karyawan untuk perusahaan terkemuka di Indonesia. Kegiatan workshop ini direncanakan diadakan secara rutin dengan mengundang para ahli lainnya.

Kategori: