UNIKA SABET JUARA POM RAYON I
Senin, 22 Mei 2017 | 16:42 WIB

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket Universitas Katolik Soegijapranata berhasil mengangkat citra kampus dalam pertandingan POM (Pekan Olahraga Mahasiswa) Rayon I Jawa Tengah  baru-baru ini. Perlombaan tersebut diselenggarakan pada tanggal 4-6 Mei 2017 bertempat di GOR Satria Semarang.

Dari hasil pertandingan sengit yang berlangsung dengan sistem gugur, Tim Basket Putri berhasil merebut Juara I dalam POM Rayon I Jateng setelah menyisihkan tim dari Udinus dan Basket Putra berhasil menggaet Juara II setelah menjalani babak final melawan Tim dari Unnes. Melalui skor  67-59 tim Basket Putri Unika berhasil melenggang mewakili Rayon I ke tingkat Jawa Tengah. Sedangkan dari tim Basket Putra juga berhasil maju dalam POM tingkat Jawa Tengah meskipun dikalahkan oleh tim Putra UNNES.

Menurut Kapten Tim Basket Putra Unika, Reza Aditya mengungkapkan bahwa ia dan timnya perlu belajar dari kesalahan yang dilakukan dalam penyisihan POM Rayon I agar tampil lebih baik lagi dalam pertandingan tingkat Jateng,

“Persiapan kami memang kurang ketika menghadapi penyisihan regional, hal tersebut karena adanya beberapa kesibukan dari anggota. Pada pertandingan awal, kami bisa unggul melawan Unnes, namun kami kehabisan tenaga ketika di akhir-akhir pertandingan dan hal itulah yang membuat kami tertinggal skor dalam pertandingan. Maka untuk selanjutnya kami perlu meningkatkan stamina agar tampil prima dalam pertandingan tingkat lanjut,” ungkap Reza.

Selain itu, intensitas dalam berlatih juga ditingkatkan agar koordinasi antar pemain dapat berjalan dengan baik dan terarah. Pemain basket yang direkrut tak hanya dari UKM saja, namun mahasiswa yang berminat dan memiliki motivasi untuk menjuarai pertandingan ini juga kita kumpulkan untuk berlatih bersama.

Meskipun dari segi teknis disiapkan, namun Kapten Basket Unika juga tak menampik dari sisi non teknis juga mempengaruhi, yaitu dari segi mental. Maka adapula pelatihan mental yang dipersiapkan supaya tidak kaget dalam menghadapi pertandingan POM Jateng.

“Selain dari pelatihan fisik yang ekstra, kami juga mempersiapkan metal pemain agar lebih siap menghadapi pertandingan ini. maka kami sering mengadakan pertandingan dengan tim basket yang lain agar secara mental mereka bisa mempersiapkan bagaimana harus menghadapi lawan yang menyerang sekaligus meningkatkan jam terbang juga ditambah dalam bermain basket.”

Rencananya, Tim Basket Unika akan menuju ke tingkat POM Jateng setelah lebaran berlangsung dan rencananya akan diselenggarakan di Kota Solo. Reza berharap semoga dapat membawa hasil yang membanggakan lagi dan bisa lolos ke POM Nasional.,

“Pendampingan dari pihak Universitas sudah baik, mereka selalu mendampingi kami dalam menghadapi pertandingan. Kami berharap semoga dapat menghasilkan yang terbaik dalam pertandingan tersebut dan kembali maju dalam POMNAS,” tutupnya. (Ign)

Kategori: ,