UNIKA Gelar Ajang Tahunan Robovaganza 2017, Robo Battle
Senin, 22 Mei 2017 | 16:02 WIB

Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA) Semarang mengadakan kontes Robovaganza yang ke 12. Acara ini merupakan acara tahunan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE). Lomba tahunan ini akan ada tiga lomba robotika.

“Ajang tahunan ini sudah berjalan untuk yang ke 12 kalinya, dan untuk saat ini Robovaganza 2017 akan menambahkan dua kategori menjadi 3 kategori lomba,” kata Ketua Panitia lomba Robovaganza, Dimas Arifian, kepada wartanasional.com di Semarang, Kamis (17/5).

Ia mengatakan, tiga kategori ini terdiri dari Line Follower yang  terdiri dari kategori umum dan pelajar, kemudian lomba Robo Battle (Tarung Robot) dan yang ketiga adalah Lomba Instagram Photo Contest.

“Ajang ini bisa diikuti oleh semua kalangan umum, kecuali untuk Line Follower pelajar, hanya diikuti pelajar. Ajang ini diharapkan bisa memperkenalkan elektro unika ke sekolah-sekolah di Jawa Tengah dan DIY,” tuturnya.

Dimas mengatakan, partisipan dalam ajang robovaganza ini mulai dari SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi dan umum semuanya bisa mengikuti. Lomba Robo Battle tahun ini sendiri menggunakan  buatan dari pabrik.

Sementara itu, Dosen Prodi Tehnik Elektro UNIKA, Leonardus Heru Pratomo mengatakan, lomba Robovaganza tersebut memakan waktu enam bulan dalam persiapannya dan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Jawa Tengah dan DIY.

“Selama enam bulan kami melakukan persiapan lomba ini,” jelasnya.

Dengan adanya Lomba tahunan Robovaganza ini dapat memajukan teknologi di Indonesia, lewat sesutu yang menyenangkan. Dan terlebih lagi di Indonesia tahun ini teknologi robotik sudah mulai merambah ke dunia industri.

Ditempat yang sama Peserta lomba Robovaganza Muhammad Efendi siswa SMK N 2 Salatiga mengatakan, dengan diadakan lomba ini dapat mengasah kemampuan siswa dalam berkreasi mengenai dunia elektronik. Efendi berharap agar ajang ini dapat ditingkatkan lagi.

(►https://www.wartanasional.com)

Kategori: