Unika-Batterey ABC Gelar “Unika Robovaganza 2017”
Senin, 22 Mei 2017 | 16:14 WIB

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang bekerjasama dengan PT International Chemical Industry (Produsen batu baterai ABC) menggelar lomba robot “Unika Robovaganza 2017”. Kategori lomba untuk Pelajar dan Umum, lomba terdiri Line Follower analog, Robo Battle, dan Foto Instagram Contest tantang kegiatan Robovaganza 2017.

Ketua Panitia Dimas A didampingi Ketua Prodi  Teknik Eelektro Unika Soegijapranata Dr F Budi Setiawan ST MT, Humas Kegiatan Antonius Juang Saksono, dan Area Sales  Promotion Manager Jateng Utara PT International Chemical Industry (Produsen batu baterai ABC) Blasius Chasto di sela-sela lomba di selazar Gedung Thomas Aquinas kampus Unika, Kamis (18/05/2017) menyatakan untuk Robo Battle, panitia menyediakan robotnya, peserta lomba tinggal membawa batu baterey yang diperlukan selama lomba dan batu batterey tersebut bisa dibeli di arena lomba.

“Pemilihan jenis analog untuk lomba line follower karena saat ini masih sedikit pelajar dan umum yang menggeluti robotika non analog. Salah satu tujuan ajang lomba robot ini adalah untuk menggairahkan ilmu robotika di kalangan pelajar, mahasiswa dan umum. Ajang lomba memilih line follower karena lomba ini memerlukan pengetahuan robotika karena peserta lomba harus membuat sendiri robotnya. Sedangkan robo battle lebih mengarah pada kegiatan hiburan dan skill mengendalikan robot lewat remote control. Sehingga baik ilmu robot maupun hiburan keduanya diadakan dalam lomba ini, tidak hanya ilmu saja tetapi ada unsure hiburannya” ujar Dr F Budi Setiawan.

Blasius Chasto menyatakan event robo battle diselenggarakan sebagai sarana komunikasi kepada masyarakat, bahwa dunia robot itu menyenangkan dan dapat dioperasikan oleh semua orang. Peserta lomba Instagram photo contest 7 orang, lomba Robo battle 20 orang dan Line follower umum 4 serta Line follower pelajar 9. Tampil sebagai juara Robo Battle, Juara I Maulana Ahmad Dhani (SMPN 18 Semarang), Juara II Yosef Cahyo Baskoro Adhi (SD Marsudirini BSB Semarang) dan juara III Deva Adhi Permana (Udinus). Lomba Line Follower, kategori pelajar juara I Nurul Tania dan Muhammad Efendi (SMPN 18 Semarang), Juara II Muhammad Yusa Abdul Majid dan Esti Fitri Nur Aini (SMPN 18 Semarang) dan Juara III Albertus Bima Wicaksana dan Faiqur Rizal Taufik Rasyadi . Untuk kategori Umum, juara I Nianda Aji Pratama SPd dan Nugraha Aprilyano SPd Guru SMKN 2 Salatiga), Juara II Tommy Haripin Susanto dan Ady Septian Nugroho (Polines) serta juara III Sabar Santoso (Unika Soegijapranata).

(►http://www.kampussemarang.com)

Kategori: