SMP 18 Semarang Juara Umum Robovagansa Teknik Elektro Unika
Senin, 22 Mei 2017 | 10:19 WIB

FOTO BERSAMA: Tim robotik SMP 18 Semarang berfoto bersama usai menerima trofi juara umum Robovagansa Fakultas Teknik Unika Soegijapranata di Gedung Thomas Aquinas. (suaramerdeka.com / Joseph Army Sandhoko)Tim robotik SMP 18 Semarang berhasil merebut gelar juara umum lomba robotik tingkat Jawa Tengah bertajuk Robovagansa yang digelar Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Unika Soegijapranata Bendan Luhur Semarang, Kamis (18/5). SMP 18 Semarang berhasil merebut dua nomor dari empat nomor yang diperlombakan dalam kompetisi yang memasuki tahun ke-14 ini.

Anak-anak asuhan Murtanto sukses merebut juara di nomor Robo Battle atas nama Maulana Ahmad Dhani, sedangkan di nomor Line Follower pelajar siswa-siswa SMP 18 menyapu bersih kemenangan, Nurul Tania dan Muhammad Efendi keluar sebagai juara, disusul Muhammad Yusa Abdul Majid dan Esti Fitri Nur’aini sebagai runner up, serta Albertus Bima Wicaksono dan Faiqur Rizal Taufik Ralyadi di peringkat ketiga.

“Saya mengapresiasi perjuangan siswa-siswa SMP 18, mereka semua menyusun materi lomba ini lewat ekstrakurikuler robotik yang kami gelar di sekolah,” ujar Murtanto yang juga guru matematika di SMP 18 Semarang.

Menurut Ketua Panitia Dimas Arifiyan (20), kompetisi ini selain untuk memperkenalkan prodi Teknik Elektro Unika kepada pelajar, juga untuk mengedukasi pengaplikasian robot yang mampu memindahkan benda. Lomba pada tahun ini dibagi dalam empat nomor yaitu Line Follower pelajar dan umum, Robo Battle, serta foto instagram.

“Kami dari tahun ke tahun selalu menggelar lomba Line Follower, namun modelnya bermacam-macam ada yang digital atau sensor. Sementara lomba yang lainnya baru dan menyesuaikan perkembangan zaman seperti foto instagram dan robot battle,” kata mahasiswa Teknik Elektro Unika semester 4 ini.

(►http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: