Sembilan Media Daring Dukung Ngesti Pandowo
Senin, 29 Mei 2017 | 8:36 WIB

SM 27_05-2017 Sembilan Media Daring Dukung Ngesti Pandowo

Unika Soegijapranata mendukung kelompok Wayang Orang Ngesti Pandowo. Baru-baru ini, kampus tersebut meluncurkan sembilan media daring.

Media tersebut dibuat untuk makin mengenalkan satu-satunya kelompok wayang orang di Kota Semarang pada masyarakat luas.

Salah satu pengajar di Unika Soegijapranata, Dr Ridwan Sanjaya mengungkapkan, sembilan media yang diluncurkan baru-baru ini yakni laman www.ngestipandawa.com, Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Wikipedia, Google Map, TripAdvisor, dan aplikasi android Ngesti Pandawa yang bisa diunduh melalui Google Play. ”Peluncuran sembilan media tersebut merupakan kerja sama antara Ngesti Pandowo pimpinan Djoko Muljono dengan Unika Soegijapranata yang terdiri dari saya (Sistem Informasi), Dr Rachmad Djati (Psikologi), Tjahjono Rahardjo MT (Lingkungan & Perkotaan), dan Albertus Dwiyoga (Sistem Informasi),” ujar Ridwan.

Dia mengungkapkan, pembuatan media daring itu merupakan bagian dari penelitian yang didanai oleh Kementerian Ristek dan Dikti dalam mencari model industri kreatif kesenian dan kebudayaan yang tepat untuk masa sekarang. Dengan adanya sembilan media tersebut, diharapkan Ngesti Pandowo dapat lebih dekat dengan masyarakat.

Berbagai informasi dan pengetahuan dapat dengan cepat diperoleh oleh masyarakat. Bahkan bagi wisatawan dari luar negeri juga dapat memanfaatkannya untuk pemesanan tiket pertunjukan.

Menurut Ridwan, performa para pemain dalam pertunjukan Ngesti Pandowo tidak kalah dengan pertunjukan sejenis yang ada di negara tetangga lainnya.

Kesungguhan, komitmen, dan kualitas pesan yang disampaikan oleh para pemain merupakan modal yang besar dalam menghasilkan tontonan yang layak dinikmati oleh masyarakat, bahkan anak-anak muda.

(►http://berita.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 27 Mei 2017, hal. 8)

Kategori: ,