Robot-robot kuat bakal bertarung di Unika 18 Mei mendatang
Jumat, 12 Mei 2017 | 8:38 WIB

"Nantinya, kedua robot akan beradu kuat di dalam lingkaran. Robot yang keluar batas atau jatuh dinyatakan kalah."

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE) Universitas Katolik Soegijapranata akan mengadakan kontes Robovaganza, 18 Mei 2017. Lomba ini dibagi dalam tiga kategori.

Ketua panitia Leonardus Herupratomo mengatakan kategori lomba terdiri dari Line Follower, Robo Battle, dan Instagram Photo Contest. "Kami menargetkan setiap kategori minimal diikuti 30 tim," jelasnya, Rabu (10/11).

Line Follower merupakan lomba robot yang adu cepat di lintasan menggunakan sistem analog dan tidak menggunakan bantuan operator.

Sementara untuk Robo Battle, robot dipinjam panitia. Nantinya, kedua robot akan beradu kuat di dalam lingkaran. Robot yang keluar batas atau jatuh dinyatakan kalah.

"Lomba Instagram Photo Contest adalah lomba mengupload foto kegiatan Robovaganza ke media sosial peserta," terangnya.

Sejumlah tim kuat bakal berebut nama dalam perlombaan yang merebut total hadiah sebesar Rp 8,4 juta, di antaranya dari SMAN 3 Yogyakarta. "Mereka merupakan juara di kontes robot line follower nasional, dan berambisi ingin meraih piala bergilir di sini," kata Leo.

Meski begitu, dia mengungkapkan kemampuan penggemar robot mulai sebanding. Selain dari Yogyakarta, peserta dari Semarang, Salatiga, dan Jepara juga tak bisa diremehkan.

Dimas Arifian, mahasiswa Teknik Elektro mengaku lomba Robovaganza bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan minat pelajar agar mendalami ilmu teknik elektro.

"Selain itu kami ingin mempromosikan Jurusan Elektro Unika Soegijapranata agar semakin dikenal dan mampu melahirkan lulusan yang berkualitas," paparnya. (►https://jateng.merdeka.com)

Kategori: