Puluhan Peserta ikuti Kompetisi Robot Unika
Senin, 22 Mei 2017 | 16:12 WIB

robot Puluhan Peserta dan penonton dari berbagai kalangan bersorak saat menyaksikan pertandingan robot rakitan dalam kompetisi Robovaganza 2017. Gelaran kompetisi robot ke 14 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HMJTE) Unika Soegijapranata berlangsung di Selasar Gedung Thomas Aquinas, kampus Universitas Katholik (Unika), Kamis (18/5).

Terlihat, Moza Kinarya Aryun Pratyasta, salah satu peserta, tampak serius mendengarkan paparan panitia kontes robot. Ditemani kedua orangtuanya, Moza mengaku berangkat pagi hari dari Solo agar bisa ikut kontes Robo Battle di Unika.

“Sama bunda datang kemari. Ya aku penasaran aja pengin nyobain bagaimana rasanya ikut lomba robot, kayaknya seru,” kata siswa kelas 5 SD 1 Manahan kepada asatu.id.

Ia mengaku lebih suka mengisi waktu liburannya dengan ikut kontes robot. Selain itu, ini adalah pengalamannya yang pertama kali. Sebab, selama ini ia hanya sekedar suka mengoleksi robot-robot di rumahnya.

Dilokasi terpisah, Ketua Program Studi Teknik Elektro Unika Soegijapranata Semarang Florentinus Budi Setiawan mengatakan, Robo Battle merupakan kontes yang terbilang baru di kawasan Indonesia khususnya Jawa Tengah (Jateng).

Unika Soegijapranata merupakan pemyelenggara kontes robot dengan kategori robo battle pertama di Jateng. “Sebelumnya saya pernah lihat yang serupa itu di Jakarta, kalau di Jawa Tengah, saya pastikan baru Unika,” ungkapnya.

Sebelumnya, Budi menambahkan, pihaknya sudah mengenalkan lomba Robo Battle kepada masyarakat yang berada di Kota Semarang. Dalam pengenalan itu, masyarakat di Kota Semarang sangat atusias dengan adanya lomba Robo Battle ini.

Unika merupakan salah satu gudangnya mahasiswa ahli robot. Mahasiswanya kini bekerjasama mengembangkan teknologi energi terbarukan dengan PLN, pembuatan transportasi massal bersama PT KAI serta menggelar joint project dengan PT Astra Motor untuk proyek motor listrik.

(►https://asatu.id)

Kategori: