Prodi Komunikasi dan Elektro Unika Tanda Tangani Kerjasama dengan UST Filipina
Jumat, 12 Mei 2017 | 16:03 WIB

Prodi Komunikasi dan Elektro Unika Tanda Tangani Kerjasama dengan UST Filipina

Prodi Komunikasi dan Elektro Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata menjajaki kerjasama dengan Universitas Santo Tomas (UST), sebuah Universitas di Manila, Filipina.

Penandatanganan kerjasama dilakukan di Kamous UST, Filipina, Rabu (10/5).

Budi Widianarko, Rektor Unika Soegijaptanata menyebut bahwa kerjasama yang dilakukan tersebut merupakan langkah strategis bagi kedua belah pihak.

Pasalnya, ia menyebut bahwa Universitas Santo Tomas merupakan salah satu kampus unggulan di negara tersebut.

"Kampus tersebut menjadi salah satu prioritas kunjungan Unika Soegijapranata dalam lawatan ke beberapa mitra kampus di Filipina," ujarnya, berdasar rilis yang diterima, Rabu (10/5).

Budi pun mengakui bahwa saat ini Unika Soegijapranata mempunyai cukup banyak mitra di Filipina.

Ia menyampaikan bahwa rata-rata kampus di Filipina mempunyai sejarah pendidikan tinggi yang cukup panjang dan mengakar.

"Hal ini menghasilkan tradisi pendidikan tinggi yang matang dan kuat," jelasnya.
Ia menjelaskan bahwa UST merupakan satu mitra terdekat Unika Soegijapranata di asosiasi perguruan tinggi Asia Tenggara dan Asia Timur (ASEACCU).

"Dengan usia lebih dari 406 tahun, UST mempunyai sejarah pendidikan yang panjang dalam menghasilkan tokoh-tokoh terkemuka di Filipina," ujarnya.

Ia pun menjelaskan, tujuan dari kunjungan tersebut bagi Unika Soegijapranata adalah untuk mengawali kegiatan bersama yang dapat dilaksanakan di kedua belah pihak.

Prodi Ilmu Komunikasi dan Teknik Elektro, ungkap Budi, merupakan fokus dalam kerjasama antara Unika Soegijapranata dengan UST.

"Pengiriman dosen antar kedua universitas merupakan aktivitas yang dirancang sebagai awal realisasi kerjasama ini," jelasnya.

Ia pun menyebut, bahwa Rektor UST, Herminio Dagohoy telah memberikan sambutan positif kunjungan Unika Soegikapranata ke kampusnya.

"Dia berharap rancangan tersebut dapat segera direalisasikan sebelum pertemuan ASEACCU berikutnya," ungkapnya.

(►http://jateng.tribunnews.com)

Kategori: