Open House Teknik Informatika Direspon Positif oleh Peserta
Jumat, 26 Mei 2017 | 9:49 WIB

“Open House Program Studi (Prodi) Teknik Informatika yang beberapa waktu lalu diadakan merupakan open house yang ke-2, dan diselenggarakan dengan tujuan untuk menarik minat mahasiswa baru angkatan tahun 2017 yang sudah registrasi maupun yang belum registrasi di program studi Teknik Informatika,“ungkap Mirabela Dewi Setiawan selaku ketua panitia Open House.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari (17-18 Mei) dan diselenggarakan di Laboratorium Prodi Teknik Informatika ini, diikuti oleh kurang lebih 21 calon mahasiswa yang berasal dari beberapa SMA yang berbeda. Hari pertama kegiatan peserta diberi training atau penjelasan bahwa membuat aplikasi android itu menarik, sedangkan hari kedua para peserta mengikuti lomba membuat aplikasi android dengan kreasi mereka sendiri.

Kegiatan open house ini direspon positif oleh para peserta, dengan hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu. Pada hari pertama, peserta banyak yang baru mengetahui bahwa membuat aplikasi android itu mudah, dan mereka juga ingin tahu apakah membuat aplikasi android itu bisa menghasilkan uang, serta mereka menjadi lebih semangat lagi tatkala tahu bahwa besok pada hari kedua akan diadakan lomba.

“Harapannya, para peserta yang sebenarnya adalah para calon mahasiswa baru di Prodi Teknik Informatika akan semakin bertambah banyak dan dapat berprestasi” tutur Mirabela saat ditanya tentang apa yang diharapkan dalam acara open house ini. “Artinya sebelum mahasiswa masuk kuliah mereka paling tidak sudah mengenali beberapa hal yang terkait dengan bidang ilmu yang akan mereka pelajari, dan dari situ mereka bisa mengetahui apakah program studi yang akan mereka masuki sudah sesuai dengan yang mereka harapkan atau tidak,”imbuhnya.

Panji Stefanus sebagai alumni Program Studi Teknik Informatika Unika Soegijapranata, mengemukakan pendapatnya tentang masa studi, ”Saya dulu kuliah lulus tepat waktu, karena perusahaan membutuhkan orang yang lulusannya cepat, hal lain masa studi tersebut juga menjadi nilai plus bagi kita di mata perusahaan,”tuturnya.

Saat ditanya tentang pekerjaan yang sekarang sedang digeluti, Panji menjelaskan bahwa saat kuliah dia ikut program magang di sebuah perusahaan yang memiliki kerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer, dan setelah lulus kita langsung direkrut di perusahaan tersebut. Hal yang sama juga dialami oleh Edwin Wicaksono yang juga alumni Program Studi Teknik Informatika, bahwa saat itu ada tiga mahasiswa yang magang di perusahaan tersebut dan sekarang ketiga-tiganya direkrut dan berkarya di perusahaan tempat magang mereka.

Edwin Wicaksono memberikan pesan kepada para mahasiswa yang masih menekuni kuliah supaya belajar dan mendalami ilmu baru dengan sungguh-sungguh karena ilmu-ilmu tersebut pada saat kita bekerja akan sangat dibutuhkan dan membantu, tetapi tidak hanya mengandalkan ilmu perkuliahan saja melainkan juga harus ditambah dengan pengetahuan yang kita dapat sendiri melalui internet atau media lainnya, sehingga kita akan memiliki wawasan keilmuan yang lebih luas.

“Kita juga harus melatih diri untuk kerja tim (softskill) yang bisa kita dapatkan dalam kegiatan di kampus, entah lewat UKM, kegiatan fakultas atau program studi. Hal tersebut karena biasanya pekerjaan teknik informatika dalam perusahaan berupa proyek kelompok atau team work. Jadi kita harus bisa saling berkomunikasi dan kerjasama untuk menyelesaikan proyek itu,” tambah Edwin.

Saat ditanya pesan untuk calon mahasiswa baru, Panji menyampaikan pesan untuk jangan ragu-ragu dan takut menghadapi hal baru, karena hal tersebut berguna untuk masa depan dan kita harus mampu untuk melewati itu nantinya. Sementara Edwin memberikan pesan, “Jangan pernah berhenti untuk mencari informasi tentang ilmu komputer, karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tidak akan pernah berhenti, jadi apabila kita tidak bisa mengikuti, maka kita juga tidak akan bisa berkembang dalam pekerjaan ilmu komputer ini,”tutupnya. (Fys)

Kategori: ,