Mahasiswa Ikuti Kompetisi Manajemen
Rabu, 17 Mei 2017 | 9:53 WIB

SM 17_05_2017 Mahasiswa Ikuti Kompetisi ManajemenSebanyak 14 kelompok perwakilan mahasiswa ekonomi dan bisnis dari berbagai universitas di tanah air mengikuti final kompetisi Glow in Management Competition (Glowmention) III tingkat nasional yang berlangsung di ruang teater Gedung Thomas Aquinas lantai 3 Unika Soegijapranata Semarang, Senin (15/5). Dalam ajang yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen (HMPSM) Unika Soegipranata tersebut diikuti oleh perwakilan dari beberapa universitas seperti UI, UGM, ITB, UNS, Unpar, UPH dan UKSW.

"Para finalis ini merupakan hasil dari seleksi 50 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari tiga mahasiswa," ungkap ketua panitia Andreas Sugiarto, Senin (15/5).

Ia menambahkan peda pelaksanaan tahun ini tema yang diusung adalah Creating Sustainable Business for Better Environment. Tema ini intinya peserta diminta menyampaikan paper dan kemudian memaparkan bagaimana strategi mengelola bisnis yang baik secara berkelanjutan dan memperhatikan etika bisnis serta lingkungan.

“Tema ini sangat tepat dengan kondisi sekarang dimana dengan persaingan yang ketat dan menuju tidak sehat secara bisnis, para pelaku usaha perlu kembali melihat pentingnya etika dalam berbisnis. Selain itu, tetap peduli pada lingkungan dalam menjalankan bisnisnya," jelasnya.

Pada hari pertama, Senin (15/5), diadakan pertemuan teknik dan diskusi tentang pelaksanaan lomba, kemudian pada hari kedua presentasi paper dan hari ketika digelar debat. Ke 14 tim tersebut akan beradu argumentasi pemecahan masalah dan akan dihadirkan tiga juri dari akademisi dan praktisi.

"Pada hari terakhir, peserta akan melakukan kunjungan ke perusahaan untuk menambah pengalaman dan wawasan sekaligus penerapan ilmu manajemen di lapangan," jelasnya.

Lebih lanjut Andreas menyatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan manajemen bagi mahasiswa terutama dalam praktik pengelolaan bisnis. "Selain itu, diharapkan peserta memiliki sense of managerial dalam menangani persoalan di sebuah perusahaan," jelasnya.

(► Suara Merdeka , 17 MEI 2017 hal. 22, http://berita.suaramerdeka.com)

Kategori: