Mahasiswa Asing Olah Rempah-Rempah – Program Darmasiswa Unika Soegijapranata
Selasa, 23 Mei 2017 | 10:08 WIB

SM 22_05_2017 Mahasiswa Asing Olah Rempah-RempahEnam mahasiswa asing yang saat ini sedang studi di Unika Soegijapranata Semarang mempresentasikan karya-karya mereka hasil pembelajaran selama sekitar 2 semester sebagai mahasiswa program Darmasiswa di kampus tersebut, Sabtu (19/5). Berbagai produk berbahan dasar rempah-rempah dibuat oleh para mahasiswa tersebut. Misalnya saja lulur, jamu dan lain sebagainya.

Kepala International Office (IO) Unika Soegijapranata Semarang yang juga salah satu penanggung jawab program Darmasiswa Unika Dr Ekawati Dukut MSi mengungkapkan, presentasi hasil karya tersebut digelar terkait event ‘’1st Darmasiswa Camp, Seminar and Workshop Back to Nature with Herb’’ di kampus Unika Soegijapranata.

Keenam mahasiswa yaitu Aaron Bonila (Youngstown University, Ohio, AS), Miroslavia Rizmanova (Slovakia), Aibar Alexander Meza (Venezuella), Cynthia Razavinandrasana (Amkateo University, Madagaskar), Randrianaivo Mendrika (ESCAM University,Antananarivo, Madagaskar), dan BumJin Park (Korea University).

‘’Mereka mempraktikkan kepiawaian mereka yang diperoleh di bangku kuliah dipadukan dengan hasil internship atau magang di perusahaan serta belajar dari masyarakat sekitar kampus,’’ jelasnya.

Ia menambahkan keenam mahasiswa dengan beasiswa Kemenristekdikti ini memperdalam tentang Indonesian Tradisional Herbal Medicine dan Indonesian Culinary and Tourism.

Seperti dipresentasikan oleh Miroslavia Rizmanova (Slovakia) yang akrab disapa Mira ini mempraktikkan ilmu tentang jamu tradisional Indonesia yang diperoleh dari Unika serta dipadukan dengan magang dia di sebuah perusahaan lulur berbahan ramuan tradisional Indonesia. Dibantu teman-temannya ia merajang ramuan, nguleg dan proses lainnya sampai akhirnya menjadi lulur yang kemudian dia bagikan kepada para temannya dan para peserta workshop.

Ia menyatakan Unika Soegijapranata Semarang merupakan salah satu dari 51 perguruan tinggi (PT) di Indonesia yang dipercaya Kemenrsitekdikti menyelenggaran program Darmasiswa bagi mahasiswa asing untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia serta mendalami ilmu tertentu selama 2 semester dengan beasiswa Dikti.

Pada acara Camp dan Workshop, selain diikuti 6 mahasiswa asing Darmasiswa di Unika juga diikuti mahasiswa asing lain yang studi di Undip dan sejumlah mahasiswa lokal Indonesia (dari UGM) serta sejumlah siswa SMU kota Semarang.

(►http://berita.suaramerdeka.com, Suara Merdeka 22 Mei 2017, hal. 22)

Kategori: ,