LPPM Sosialisasikan Kebijakan Baru Dikti
Senin, 29 Mei 2017 | 14:27 WIB

LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unika Soegijapranata mengadakan Acara “Sosialisasi Kebijakan Baru Penelitian dan Pengabdian Masyarakat” dengan menghadirkan narasumber Dr. Ir. Mustangimah, M. Si. yang menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kapasitas Riset Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, pada hari Jumat (19/5) bertempat di Gedung Thomas Aquinas Lantai 2.

Menurut Prof. Andreas Lako selaku Kepala LPPM Unika Soegijapranata, acara ini untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan berkaitan dengan bidang penelitian dan pengabdian masyarakat yang disusun oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Dalam sosialisasi ini, juga dijelaskan mengenai hal-hal yang tercantum dalam buku pedoman penelitian dan pengabdian edisi XI. Dalam penjelasannya, Dr. Mustangimah juga menjelaskan mengenai berbagai kebijakan dan peraturan serta maksud dari tiap peraturan.

Acara sosialisasi dihadiri oleh dosen yang juga peneliti dari berbagai bidang studi di Unika Soegijapranata. Selain itu, acara sosialisasi juga dihadiri oleh dosen yang juga menjadi reviewer  penelitian

“Narasumber yang kami undang ini merupakan salah satu pimpinan  yang berwenang menyusun  kebijakan-kebijakan di dalam penelitian dan pengabdian secara terintegrasi dan kami meminta kepada beliau untuk menjelaskan kepada para dosen mengenai arah kebijakan penelitian dan pengabdian. Ia pun juga menjelaskan bagaimana  melakukan penelitian dan pengabdian yang saat ini sedang dalam proses penyusunan proposal. Proposal ini yang akan diajukan ke DIKTI (Direktorat Pendidikan Tinggi) paling lambat tanggal 12 Juni 2017. Dari sosialisasi ini, yang kami harapkan dari para dosen peneliti serta yang menjadi reviewer penelitian dan pengabdian menjadi semakin tahu sehingga diharapkan jumlah dosen yang mengajukan proposal penelitian dan diterima oleh DIKTI baik dari segi penelitian nasional maupun penelitian unggulan perguruan tinggi semakin meningkat jumlahnya. Selain itu, kami berharap dengan mengundang pejabat dari DIKTI, kami bisa lebih tahu mengenai apa  saja yang menjadi keinginan DIKTI” jelas Prof. Andreas Lako.

Sementara itu, Dr. Mustangimah juga menjelaskan,”Dalam sosialisasi ini, saya membicarakan tentang kebijakan baru dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat terkait penelitian yang akan dibiayai di tahun 2018 dan penggunaan  kebijakan baru yang tertuang dalam Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Edisi XI”. (Cal)

Kategori: