Kenali Fakultas Teknologi Pertanian dari Dekat
Senin, 8 Mei 2017 | 10:15 WIB

Fakultas sebagai bagian dari institusi pendidikan perlu memperkenalkan diri dan membuka peluang bagi setiap calon mahasiswa yang akan berkuliah untuk mengetahui bagaimana seluk beluk yang ada di institusi pendidikan tersebut. Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata berusaha untuk menjembatani calon mahasiswa baru beserta orang tua yang sedang mempersiapkan diri untuk mencari ataupun melanjutkan pendidikan dengan open house yang diselenggarakan di ruang Theater Gedung Thomas Aquinas, Sabtu lalu (6/5).

Menurut Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr. V. Kristina Ananingsih, ST., M.Sc, kegiatan Open House ini sudah dilakukan setiap tahun sejak Fakultas ini berdiri 22 tahun yang lalu.“Kami selalu menyelenggarakan kegiatan Open House dengan harapan para orang tua dan calon mahasiswa semakin mengenal Fakultas Teknologi Pertanian, bagaimana sistem perkuliahan yang ada, kegiatannya dan fasilitas yang dimiliki oleh FTP. Kami juga ingin menunjukan bahwa FTP Unika memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh fakultas yang sama di universitas yang lain, sehingga calon mahasiswa maupun orangtua tidak perlu ragu lagi untuk bergabung bersama keluarga besar FTP Unika Soegijapranata. Setiap tahun kami selalu mengemas acara open house ini dalam mini seminar dengan tema yang berbeda-beda. Tema yang disampaikan tidak jauh mengenai topik yang sedang hangat dan menyangkut tentang pangan dengan pemateri yang mumpuni di bidangnya. Tema yang diangkat dalam open house tahun ini adlaah Healty Eating dengan pembicara Ibu Meiliana, S.Gz, M.S.”

Tak hanya mengundang calon mahasiswa dan orangtuanya, Guru BK dari berbagai SMA juga diajak untuk semakin mengenal FTP lebih dekat. Tak hanya dengan mini seminar yang diikuti oleh Guru BK serta orang tua calon mahasiswa saja, Dalam rangkaian acara yang dikemas menarik ini juga terdapat kegiatan Tour Lab, dimana para calon mahasiswa baru diajak untuk berkeliling ke setiap lab yang dimiliki oleh FTP.

“Sementara orang tua dan Guru BK mengikuti mini seminar, para calon mahasiswa diajak untuk tour laboratorium di Fakultas Teknologi Pertanian dan diajak untuk berkeliling laboratorium yang dimiliki oleh FTP sebanyak 10 laboratorium (lab). Setiap labnya sudah terdapat asisten mahasiswa yang siap untuk mendampingi calon mahasiswa untuk memperkenalkan pengetahuan pangan seperti proses pembuatan permen herbal salah satunya,” jelas Dr. Kristina.

Demo Pembuatan Kopi Artistik

Tak hanya sebatas mengenalkan FTP secara khusus, para peserta open house FTP juga diajak untuk melihat bagaimana pengolahan pangan secara khusus dilakukan oleh ahlinya. Untuk Tahun ini, FTP menggandeng praktisi pangan yaitu Ibu Evani Jessyln selaku owner dari Strada Coffee untuk mendemokan bagaimana cara membuat kopi yang artistic dengan topik “ The Art of Coffee Brewing”.

Hal ini juga ditujukan sebagai pengenalan lebih mendalam bahwa industri pangan memiliki prospek yang cerah bagi masa depan, khususnya jika ingin berwirausaha dengan ilmu pangan yang dimiliki ketika kelak lulus dari Fakultas Teknologi Pertanian.

“Diharapkan calon mahasiswa dan orang tua lebih mengenal tentang FTP, dan calon mahasiswa semakin mantab untuk studi lanjut di FTP. Melalui pengenalan ini, orang tua semakin paham dan kami dapat menjalin ikatan kekeluargaan dengan setiap peserta yang mengikuti open house,” pungkasnya. (Ign)

Kategori: ,