Jajal Masakan Mahasiswa Asing
Rabu, 3 Mei 2017 | 12:45 WIB

International Office (IO) Unika Soegijapranata mengadakan “Monthly Gathering“. Acara ini merupakan agenda bulanan dari International Office sebagai bagian dari kegiatan program darmasiswa. Setiap bulan secara rutin, IO mengisi acara Monthly Gathering dengan demo memasak oleh para darmasiswa yang sedang belajar di Unika Soegijapranata. Pada kegiatan ini, International Office memberikan kebebasan untuk memilih menu yang akan dibawakan. Di Bulan April, 2017, giliran Aibar A. Mezza (peserta darmasiswa asal Venezuela) yang mendapat giliran untuk mempraktekkan kemampuannya dalam memasak.

Kegiatan yang diadakan di Laboratorium Kuliner Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata pada Rabu (19/4) ini juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa yang tergabung dalam kelompok Global Friends.

Pada kegiatan ini, Aibar mencoba untuk memasak “Chicken Stew“, sebuah makanan lokal dari Venezuela. Aibar pun memilih untuk membawakan masakan tersebut dikarenakan bahannya memiliki harga yang cukup terjangkau dan mudah ditemukan di Indonesia. Pada masakan “Chicken Stew“, daging ayam direbus kemudian dicampur dengan beberapa bumbu. Menurut, Aibar, “Chicken Stew” juga banyak terhidang di meja makan orang Indonesia hanya saja untuk orang Indonesia lebih suka menggunakan bumbu pedas ataupun manis untuk dicampurkan. Berbeda halnya dengan penduduk Venezuela yang lebih menyukai rasa asin, dikarenakan Orang Venezuela beranggapan bahwa kombinasi rasa pedas dan manis merupakan campuran yang kurang baik bagi kesehatan.

Darmasiswa Camp

Berdasarkan program yang ditawarkan oleh Unika Soegijapranata, seluruh peserta darmasiswa akan ditempatkan di Fakultas Teknologi Pertanian. “Hal ini dikarenakan, peserta Program Darmasiswa di Unika mendapat kesempatan dari Kemendikbud untuk mempelajari salah satu keunggulan Unika Soegijapranata yaitu pada Ilmu mengenai jamu dan kuliner” tutur Rossa ┬áselaku Sekretariat International Office.

Untuk itu, International Office yang menangani program darmasiswa akan mengadakan beberapa program, salah satunya Darmasiswa Camp yang mengundang seluruh peserta program darmasiswa yang sedang berada di Indonesia dan diadakan di Bulan Mei 2017. Selain belajar Bahasa dan Budaya Indonesia, para peserta Program Darmasiswa yang menetap di Unika juga akan mengikuti program pengabdian masyarakat. (Cal)

Kategori: ,