I’m The Alpha
Senin, 15 Mei 2017 | 13:08 WIB

Kepemimpinan adalah hal yang penting bagi setiap orang. Tidak hanya menjadi pemimpin atas orang lain dalam suatu kelompok atau komunitas, tetapi terlebih dahulu menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Kepemimpinan juga merupakan potensi yang dimiliki oleh setiap orang. Potensi tersebut perlu untuk dikembangkan melalui latihan yang dilakukan setiap hari untuk dapat menjadi pemimpin yang benar-benar memimpin dirinya sendiri dan kelompok.

I’m The Alpha merupakan tema yang diangkat oleh Bidang II Kaderisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi pada acara Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) 2017. Alpha merupakan panggilan bagi pemimpin serigala yang selalu memimpin kawanan serigala. Karena itu, diharapkan peserta LKTD 2017 dapat menjadi alpha-alpha bagi dirinya dan komunitasnya sendiri. LKTD Fakultas Psikologi ini merupakan acara rutin yang merupakan salah satu program kerja tahunan Bidang II Kaderisasi. Acara ini terdiri dari 3 rangkaian yaitu Pra, Play, dan Pasca. Pra LKTD dilaksanakan pada Senin (3/4), Play dilaksanakan selama 2 hari pada Jumat-Sabtu (7-8/4), dan Pasca dilaksanakan pada Jumat (21/4).

Rangkaian LKTD ini memberikan pelatihan kepada para peserta LKTD untuk mengembangkan sikap bangga atas diri sendiri. Rasa bangga ini berarti seorang pemimpin menghargai pengalamannya dan pengalaman orang lain sebagai bagian dari sejarah hidupnya. Kemudian pada acara play, peserta diajak untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat mengambil langkah pertama dan menjadi pemimpin yang inisiatif . Selain itu, para peserta LKTD 2017 juga diajarkan cara menentukan prioritas dan goal-setting serta memandang masalah dari sisi yang berbeda. Pemimpin harus berani berinovasi meskipun mengalami kegagalan. Sesi terakhir dari LKTD ini adalah sesi sharing bersama alumni Fakultas Psikologi yang pernah memiliki pengalaman organisasi selama kuliah. Selain memberikan pelatihan tentang kepemimpinan, LKTD 2017 juga mengajak peserta untuk memupuk persaudaraan antar angkatan sebagai keluarga Psikologi satu. Pada Pasca LKTD, para peserta mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka atas tanggapan terhadap masalah-masalah yang dihadapi Fakultas Psikologi. Seperti apa yang menjadi jargon dari panitia LKTD 2017, diharapkan para pemimpin baru akan lebih berkembang untuk bersama-sama membangun Fakultas Psikologi. I’m a leader, you’re leader, create more leader! (SF)

Kategori: ,